Penduduk Kawungsari Rela Rumah dan Kenangan Tenggelam di Bendungan Kuningan

Penduduk Kawungsari Rela Rumah dan Kenangan Tenggelam di Bendungan Kuningan

PEMBANGUNAN Bendungan Kuningan hampir finish. Warga Desa Kawungsari, Kecamatan Cibeureum mulai berbenah mengemas perabotan mereka.

Seperti yang dilakukan Asep Suja dan istrinya, sejak sebulan ini dia telah mengumpulkan perabotan rumah seperti sofa, meja makan, kulkas dan lainnya ke dalam satu kamar tersendiri.

Ini dilakukan Asep, untuk memudahkan pengangkutan saat tiba waktunya dia harus direlokasi ke rumah baru yang sudah disediakan pemerintah di Desa Sukarapih.

\"Selain itu juga untuk menghindari agar tidak kebocoran karena beberapa atap rumah sudah mulai bocor. Kalau dibiarkan nanti malah rusak dan tidak bisa dibawa saat pindahan,\" ujar Asep.

Baca Juga: Tembok Longsor, Dua Harimau Lepas dari Kebun Binatang, Pawang Tewas Diserang

Asep mengaku sejak dua tahun ini dia tidak lagi membenahi rumahnya baik untuk pengecatan ataupun memperbaiki atap rumahnya yang bocor. Dia membiarkan kerusakan di beberapa bagian bangunan rumahnya karena merasa percuma bakal ditinggalkan.

\"Percuma nanti juga bakal ditinggalkan dan ditenggelamkan. Jadi saya biarkan saja, dan perabotannya dipindahkan ke dalam satu kamar yang masih aman. Juga untuk memudahkan saat pindah nanti,\" ujar Asep.

Namun demikian, Asep mengaku, sudah ikhlas dengan ketetapan pemerintah menjadikan tempat kelahirannya ditenggelamkan menjadi Bendungan Kuningan.

Uang ganti rugi yang diberikan pemerintah untuk tanah dan rumah yang dibangunnya tahun 2012 lalu, menurut Asep, terbilang sepadan untuk penghidupannya di tempat baru nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: