Ditenggelamkan di Bendungan, Desa Kawungsari Dicoret dari Peta?

Ditenggelamkan di Bendungan, Desa Kawungsari Dicoret dari Peta?

KUNINGAN – Desa Kawungsari, Kecamatan Cibereum, Kabupaten Kuningan akan ditenggelamkan di Bendungan Kuningan. Lantas, apakah akan dihapus di peta?

Seperti diketahui, seluruh warga Desa Kawungsari direlokasi ke tempat yang baru terdampak pembangunan Bedungan Kuningan.

Namun meski ditenggelamkan, nama Desa Kawungsari, Kecamatan Cibeureum tetap tercatat di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Bahkan masih berhak menerima bantuan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat.

Apalagi luasan wilayah Kawungsari sekitar 500 hektare, sedangkan yang digenangi sekitar 100 hektare.

Meskipun sebagian besar lahan yang tersisa itu adalah lahan kehutanan atau milik Perhutani tapi, lokasinya berada di desa.

Kabag Tata Pemerintah (Tapem) Setda Kuningan Rusmiadi MSi menerangkan, Desa Kawungsari tidak akan dihapus seperti yang disampaikan langsung oleh Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi.

Sebab, luasan Desa Kawungsari masih tersisa hampir 400 hektare. “Itu disampaikan langsung oleh Pak Sekda. Desa Kawungsari tidak dihapus pada saat itu,” tandasnya.

Dia juga memaparkan, berdasarkan Permendagri terkait dengan kode desa, sampai hari ini masih terdaftar sebagai salah satu desa di Kabupaten Kuningan.

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: