Peran Penting Cirebon, Pelayaran Cheng Ho dan Islamisasi Nusantara

Peran Penting Cirebon, Pelayaran Cheng Ho dan Islamisasi Nusantara

Topik tentang adanya arus Tiongkok dalam penyebaran Islam di Asia Tenggara menimbulkan ketertarikan sebagian sejarawan akan tokoh yang bernama Cheng Ho.

DR Tan Ta Sen dalam Buku Cheng Ho Penyebar Islam dari China ke Nusantara menggambarkan dengan baik bagaimana peran sang laksamana dalam proses islamisasi.

Islam yang berkembang di Nusantara menurut catatan sejarawan sekitar abad ke-12 dan 16 M.

Sejak saat itu Islam sudah mulai terlihat di Nusantara dibuktikan oleh banyaknya muslim Tiongkok yang tinggal di wilayah tersebut.

Saat itu, Islam tidak berkembang secara masif dan signifikan. Sekitar abad ke-15 dan 16 -sebagaimana kesimpulan Sumarto Al-Qurtubi, \"Arus Tiongkok-Islam-Jawa: Peran Tionghoa dalam Penyebaran Islam di Nusantara Abad 15 & 16\"- menjadi babakan pertama penyebaran Islam dilakukan secara luas oleh muslim asal Tiongkok.

Pengaruh adanya arus Tiongkok dalam islamisasi Nusantara membuat Dr Tan tertarik untuk melakukan penelitian.

Ia mencoba menelusuri berbagai sumber, mulai dari sumber-sumber tertulis hingga penelitian lapangan.

Selain itu, ia juga menggunakan teori asal-usul Tiongkok. Bukti-bukti itu menjadi semakin kuat atas pelayaran bersejarah Cheng Ho ke Barat pada awal abad ke-15.

Pelayaran-pelayarannya memberikan sebuah fakta paling kuat mengenai koneksi Tiongkok akan penyebaran Islam di kepulauan Melayu (hlm 353).

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: