Putri Paku Buwono XII Terkunci di Dalam Keraton Sejak Kamis

Putri Paku Buwono XII Terkunci di Dalam Keraton Sejak Kamis

SURAKARTA - Putri Paku Buwono XII, Gusti Kanjeng Ratu Wandansari Koes Moertiyah dikunci di dalam keraton sejak Kamis (11/2). Dia diduga dikunci, hingga akhirnya keluar pada Sabtu (13/2).

Kepada wartawan yang menunggunya di depan Kori Kamandungan yang merupakan pintu utama keraton, Gusti Moeng mengatakan, awalnya masuk ke dalam kawasan keraton karena melihat ada salah satu kendaraan dinas pejabat yang datang ke keraton.

”Saya masuk itu kan jelas. Sebelumnya saya lewat di Kamandungan kok ada RI 10, saya langsung turun dan ternyata pintu terbuka, karena tamunya setingkat menteri kan, dimasukkan lewat sini,” kata Gusti Moeng.

Meski demikian, bukannya bisa bertemu dengan tamu, dia bersama putra PB XIII justru terkunci di dalam keraton.

Dia mengaku, sudah beberapa tahun terakhir dilarang masuk ke keraton oleh PB XIII. Sehingga, menggunakan kesempatan tersebut untuk melihat isi dalam keraton.

”Selama tiga hari dua malam tersebut, saya dokumentasikan semuanya. Saya juga akan melaporkan keadaan keraton supaya nanti mempersiapkan untuk bersama-sama bekerja dengan Sinuhun (PB XIII) menyelamatkan keraton,” kata Gusti Moeng, yang juga ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta itu.

Menurut dia, selama terkunci terus intens berkomunikasi dengan suaminya KPA Eddy Wirabumi.

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: