Prediksi Liga Champions RB Leipzig vs Liverpool: Risiko Main di Tempat Netral

Prediksi Liga Champions RB Leipzig vs Liverpool: Risiko Main di Tempat Netral

BUDAPEST – Meragukan Liverpool! Mungkin saat ini wajar. Ya, Liverpool sedang dalam performa buruk di ajang Premier League. Mereka baru saja mengalami tiga kekalahan beruntun di liga. Terakhir The Reds tunduk 1-3 saat bertandang ke markas Leicester City. Sang juara bertahan kehilangan tajinya.

Manajer Liverpool Juergen Klopp mulai kehilangan reputasi. Juru taktik asal Jerman itu butuh tempat pelampiasan. Musim ini hanya Liga Champions satu-satunya harapan Liverpool untuk bisa meraih trofi. Mereka sudah gagal disemua kompetisi.

Termasuk di Liga Inggris, sulit rasanya Liverpool mengejar Manchester City. Mereka tertinggal 13 poin. Kondisi ini membuat Liga Champions bisa dijadikan Klopp prioritas utama. Pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Liverpool akan melawan RB Leipzig, Rabu (17/2) dini hari WIB.

Laga yang semula berlangsung di Redbull Arena, markas RB Leipzig, dipindah ke Puskas Arena, Hungaria. Perpindahan venue ini dilakukan UEFA. Kondisi ini terjadi karena adanya larangan otoritas Jerman terhadap penerbangan dari Inggris terkait Covid-19.

Berbeda dengan Liverpool, RB Leipzig musim ini penampilannya cukup bagus. Dalam klasemen Bundesliga, klub asuhan Julian Nagelsmann berada di peringkat kedua. Mereka hanya tertinggal empat poin dari Bayern Muenchen di posisi teratas.

“Klopp adalah pelatih luar biasa. Dirinya berhasil mengangkat prestasi Dortmund yang saat itu sedang terpuruk, kemudian dia bisa membawa Liverpool meraih gelar Liga Champions dan juga Premier League,” ujar Naglesmann dilansir dari Kicker.

Menurut pelatih RB Leipzig, keterpurukan Liverpool karena masalah cedera pemain. “Kalau prestasi Liverpool di domestik menurun, mungkin itu faktor pilihan pemain yang sulit karena Klopp banyak ditinggal pemain akibat cedera,” lanjut Naglesmann.

Meski demikian, Naglesmann tidak akan menganggap remeh Liverpool. Memang RB Leipzig harus tetap waspada dengan Liverpool. Apalagi, Klopp memiliki catatan baik saat bertemu klub Jerman di kompetisi Eropa. Dortmund bahkan Muenchen pernah menjadi korbannya.

Dortmund disingkirkan Klopp pada perempat final Liga Europa 2015/2016. Kala itu, Liverpool lolos setelah unggul agregat 5-4. Kemudian Munchen disingkirkan The Reds pada babak 16 besar Liga Champions 2018/2019 dengan skor 3-1.

Menghadapi RB Leipzig, Klopp berpeluang kembali memainkan Fabinho sebagai bek tengah. Menghadapi laga penting, terlalu beresiko untuk memainkan Ozan Kabak. Bek yang dipinjam dari Schalke itu juga baru saja melakukan blunder saat melawan Leicester.

Untuk sektor tengah, The Reds kemungkinan besar tampil tanpa James Milner. Gelandang muda, Curtis Jones, biasa disiapkan Klopp untuk mengisi kekosongan lini tengah. Wonderkid 20 tahun itu akan didampingi oleh Thiago dan Georginio Wijnaldum.

Dari sisi RB Leipzig, mereka akan mengandalkan kecepatan dari Christopher Nkunku. Kecepatan dari penyerang asal Prancis itu bisa membahayakan lini belakang Liverpool. (mid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: