Wow, Diam-diam dr Terawan Prakarsai Vaksin Covid-19 Nusantara

Wow, Diam-diam dr Terawan Prakarsai Vaksin Covid-19 Nusantara

JAKARTA - dr Terawan Agus Putranto memprakarsai vaksin covid 19 Nusantara. Jenis yang satu ini memakai sel darah putih. Dan diklaim pertama di dunia.

Salah satu Penelitian Vaksin, Dr Yetty Movieta Nency SPAK menjelaskan, vaksin nusantara menggunakan dendritik autolog merupakan komponen yang berasal dari sel darah putih.

\"Komponennya sel dendritik dari sel darah putih. Semua punya, prosedurnya dari subyek ambil darahnya, ambil sel darah putihnya dan sel dendritiknya,\" kata Yetty ditemui di RSUP dr Kariadi Semarang, seperti dilansir Detik, Rabu (17/2/2021).

Cara kerja vaksin tersebut yaitu sel dendritik autolog dipaparkan dengan antigen protein S dari SARS-CoV-2. Sel dendritik yang telah mengenal antigen akan diinjeksikan ke dalam tubuh kembali.

Di dalam tubuh, sel dendritik tersebut akan memicu sel-sel imun lain untuk membentuk sistem pertahanan memori terhadap SARS-CoV-2.

Baca juga: Waduh! Kapolsek Mirip Luna Maya Pesta Narkoba di Hotel

Sel dendritik diambil dari masing-masing orang yang akan divaksin sehingga bersifat personalized.

Hal itulah yang juga menjadi kelebihan karena bisa digunakan untuk orang-orang yang tidak bisa masuk kriteria vaksinasi dari vaksin lain.

Kelebihannya alternatif untuk orang-orang yang tidak masuk pada vaksin yang sudah beredar.

Misal penyakit berat, mengalami kanker dan lainnya, dengan vaksin dendiritik dimungkinkan bisa. (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: