Kasus pada Nakes Menurun

Kasus pada Nakes Menurun

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan kasus Covid-19 di kalangan tenaga kesehatan (nakes) cenderung menurun. Ini setelah vaksinasi dilakukan pada lebih dari 1,1 juta orang.

\"Berdasarkan data yang dilihat, tren kasus konfirmasi di tenaga kesehatan menurun. Sekarang sudah lebih dari 1,1 juta orang yang divaksinasi dosis pertama. Kemudian, 500 ribu untuk vaksinasi kedua. Kita sudah melihat tren yang menjanjikan,\" ujar Budi di Jakarta, Rabu (17/2).

Namun Budi tidak menyebutkan data secara terperinci yang menunjukkan penurunan kasus penularan Covid-19 pada tenaga kesehatan tersebut.

Menurutnya, kecenderungan penurunan kasus Covid-19 pada tenaga kesehatan juga belum bisa dikatakan terjadi karena vaksinasi. Dia menjelaskan pengaruh vaksinasi pada penularan Covid-19 baru bisa dilihat setidaknya dua minggu setelah penyuntikan dosis kedua selesai pada seluruh sasaran.

\"Upaya vaksinasi akan kelihatan dua minggu setelah vaksinasi dosis kedua selesai. Kalau vaksinasi belum dilakukan ke masyarakat umum, kami belum bisa ambil kesimpulan,\" papar Budi.

Namun, lanjutnya, penularan Covid-19 di Indonesia cenderung menurun. Hal ini terlihat dari menurunnya jumlah kasus positif Covid-19 harian. Selain itu, jumlah pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit. Jumlah pasien baru yang datang untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit juga menurun dalam dua minggu terakhir.

Penyebab lain adalah dampak dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro yang diterapkan oleh pemerintah sejak awal Januari 2021.

\"Penurunan jumlah kasus Covid-19 harian di Indonesia bukan karena berkurangnya pemeriksaan. Melainkan puncak kasus penularan sudah terlewati. Harapannya ke depan semakin baik lagi. Tetapi, masyarakat jangan lengah. Tetap disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak). Ini penting untuk mencegah penularan,\" pungkasnya. (rh/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: