Indonesia Gunakan Banyak Vaksin Covid-19

Indonesia Gunakan Banyak Vaksin Covid-19

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyatakan Indonesia akan menggunakan banyak vaksin COVID-19. Termasuk vaksin Merah Putih yang saat ini masih tahap uji klinis.

“Uji klinis kan harus tiga tahap. Mudah-mudahan berhasil dan dapat digunakan secara aman,” katan Muhadjir, Jumat (19/2). Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk memperbanyak alternatif dari vaksin COVID-19 di Indonesia. Sebab, pemberian vaksin kepada masyarakat masih dalam tahap awal.

Menurutnya, untuk pemberian vaksin kepada masyarakat tahap kedua masih menggunakan Vaksin Sinovac. Yakni vaksin yang juga digunakan pada tahap pertama. “Tahap kedua masih pakai Sinovac. Kita kan mengejar waktu. Sinovac akan terus digunakan sambil menunggu vaksin lainnya,” jelasnya.

Dia memastikan vaksin yang digunakan telah mengantongi izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). “Tidak semua pakai Sinovac. Karena banyak vaksin yang akan digunakan oleh pemerintah. Selama itu pula, disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) harus tetap dilakukan,” pungkasnya. (rh/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: