Kreativitas Anak ITB Siap Gebrak Kota Cirebon

Kreativitas Anak ITB Siap Gebrak Kota Cirebon

APA yang kamu pikirkan ketika mendengar kata “Pendidikan”? Apakah hanya tentang “belajar” atau “sekolah”?Pendidikan tidak hanya sebatas belajar atau sekolah, tetapi juga membahas tentang proses mendewasakan manusia melalui berbagai upaya pengajaran dan pelatihan.

Oleh karena itu, pendidikan menjadi salah satu aspek esensial dalam kehidupan. Setiap negara berlomba-lomba mencari sistem pendidikan terbaik untuk menghindari negaranya dilanda kebodohan.

Sayangnya, kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah meski telah mewajibkan dua belas tahun pendidikan formal. Pendidikan masih dianggap remeh bagi segelintir masyarakat Indonesia, padahal pendidikan yang berkualitas menawarkan banyak pilihan hidup yang berkualitas pula. 

Berbicara tentang pendidikan, kalian tentu mengenal pendidikan menengah, tapi selain pendidikan menengah juga terdapat pendidikan tinggi. Pendidikan tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah dan dalam era persaingan di bidang Iptek dan SDM seperti sekarang ini.

Berbeda dengan jenjang pendidikan menengah, peserta didik yang sedang menempuh pendidikan tinggi disebut sebagai mahasiswa. 

Pendidikan tinggi penting bukan hanya karena bertambahnya gelar dan untuk mencari pekerjaan, melainkan juga untuk menguasai suatu bidang yang kelak berguna bagi pembangunan bangsa. Kegiatan di pendidikan tinggi juga bukan hanya tentang akademik, melainkan juga nonakademik.

Kegiatan kemahasiswaan yang hanya ada pada pendidikan tinggi memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk berkembang. Kreativitas yang selalu diasah hingga saling bertukar pikiran serta sudut pandang yang seringkali berbeda membuat mahasiswa menjadi \"kaya\".

Pendidikan tinggi terbagi menjadi beberapa jenis. Berdasarkan pengelolaannya, perguruan tinggi dibagi menjadi PTN (Perguruan Tinggi Negeri), dan juga PTS (Perguruan Tinggi Swasta). Sementara berdasarkan bentuknya, perguruan tinggi dapat dibagi menjadi Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Akademi.

Biasanya, universitas lebih luas rumpunnya dibanding institut dan sekolah tinggi yang lebih terfokuskan. Politeknik memiliki tujuan untuk menyiapkan mahasiswa yang terampil, sedangkan akademi merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan terapan pada cabang ilmu tertentu.

Awal kelas 12 merupakan saat ramai siswa yang mencari informasi mengenai jalur seleksi perguruan tinggi, sejak tahun 2013 terdapat tiga jalur masuk perguruan tinggi yaitu; SNMPTN adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, dan dilaksanakan melalui jalur penjaringan prestasi akademis.

SBMPTN merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional, Seleksi Mandiri PTN merupakan penerimaan mahasiswa baru di suatu PTN yang diadakan dan dikelola sendiri oleh perguruan tinggi, di luar SNMPTN dan SBMPTN.

Contohnya ITB, UI atau UGM. Informasi mengenai SNMPTN dan SBMPTN dapat diakses melalui portal ltmpt.ac.id, sedangkan untuk informasi  seleksi mandiri bisa didapatkan melalui laman resmi perguruan tinggi masing-masing.

Pada  tahun 2021 ini ITB membuka 3 jalur masuk yaitu melalui SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri, adapun kuota masing masing jalur seleksi adalah SNMPTN 36%, SBMPTN: 34%, dan SM-ITB: 30%.

Selain ketiga jalur tersebut ada Jalur afirmasi yang merupakan jalur yang disediakan untuk siswa yang menerima program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah informasi terkait dapat dilihat di laman resmi lembaga terkait seperti adik.kemdikbud.go.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: