Waspada, Kejahatan Curanmor Merata di Cirebon

Waspada, Kejahatan Curanmor Merata di Cirebon

CIREBON - Kejahatan pencurian sepeda motor (curanmor) sedang tren. Hampir semua wilayah di Cirebon jadi sasaran para pelaku. Terutama di wilayah padat penduduk.

Di Kabupaten Cirebon, beberapa kecamatan yang paling banyak penduduknya menjadi sasaran para pelaku curanmor. Seperti di Weru, Sumber, Arjawinangun, dan Losari.

Hal itu diungkapkan Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi. Menurutnya, pada awal tahun 2021, kasus curanmor sering terjadi.

“Hampir semua wilayah terjadi kasus curanmor. Khususnya wilayah padat penduduk. Seperti Sumber, Arjawinangun, Weru, dan Losari,” kata kapolresta.

Pelaku beraksi dengan cara berkeliling. Mereka melakukan secara acak. Setiap ada kesempatan dan ada motor yang terlihat mudah dicuri, langsung diembat.

“Sasarannya acak. Pokoknya targetnya bila ada kesempatan ya dilakukan. Mana saja lokasi yang aman, ya dilakukan,” ucap Syahduddi.

Meskipun demikian, polisi tidak tinggal diam. Baik dari Polres Cirebon Kota (Ciko) dan Polresta Cirebon terus bergerak memburu para pelaku.

Terbukti, dalam waktu kurang dari satu bulan, enam pelaku curanmor dan 7 penadahnya dibekuk.

Polresta Cirebon berhasil membekuk dua pelaku curanmor berinisial AS (32) dan SF (18). Selain itu, 6 penadah berinisial IM (33), SY (45), SP (27), RS (27), JH (39), dan MR (20).

Sementara Polres Ciko membekuk empat pelaku curanmor. Di antaranya berinisial SP (20), NS (23), AB (32), dan RM (35), serta penadahnya berinisial PT (24).

Kendati demikian, masih banyak pelaku yang berkeliaran di luar. Baik pemain baru maupun yang sudah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO). Oleh karena itu, masyarakat diharapkan lebih berhati-hati.

Beberapa langkah pencegahan perlu diperhatikan, menghindari curanmor. Misalnya kendaraan agar segera dimasukkan ke rumah bila malam hari.

Bila terpaksa masih harus di teras, disarankan agar menggunakan kunci ganda maupun menutup kunci magnet. Bila perlu, menggunakan gembok pada roda.

Pengakuan dari pelakunya, mereka tidak bisa melakukan pencurian pada motor yang dikunci gembok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: