Tekan Kriminalitas, Kota Cirebon akan Tambah 18 CCTV

Tekan Kriminalitas, Kota Cirebon akan Tambah 18 CCTV

CIREBON – Pemerintah Kota Cirebon akan menambah jumlah CCTV. Setidaknya ada 18 titik baru, dari 30 lokasi yang sudah terpasang saat ini.

Tidak hanya itu, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) akan mengimplementasikan teknologi farlink, yang akan menjangkau seluruh RW.

“Program strategis tahun 2021 penyediaan WiFi gratis. Butuhkan Rp24 miliar untuk pemasangan teknologi farlink yang menjangkau semua RW di Kota Cirebon,” ujar Kepala DKIS Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa AP.

Di samping itu, penyediaan internet hingga satu gigabyte sebesar Rp4 miliar. Sementara untuk menunjang kegiatan trantibum, dibutuhkan pemasangan 18 CCTV baru untuk dipasang di ruas jalan strategis di Kota Cirebon. Ma’ruf menyebut, CCTV yang sudah terpasang saat ini hanya berjumlah 30 titik, tersebar di wilayah Kota Cirebon. 

“Selain itu, kami juga sedang mengembangkan infrastruktur data warehouse yang kuat. Karena, kebutuhan untuk menyimpan data semakin banyak, jadi perlu upgrade supaya lebih kuat,” ujarnya.

Edi menambahkan, prioritas dari program smart city yang direncanakan DKIS yaitu command center yang terintegrasi melalui pemasangan kamera closed circuit television (CCTV) di sejumlah titik strategis.

Dengan begitu, pemerintah daerah dengan kepolisian dan instansi terkait bisa menekan angka kriminalitas di Kota Cirebon. (ade)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: