Inspiration House Kenalkan Gus Dur Sejak Dini

Inspiration House Kenalkan Gus Dur Sejak Dini

CIREBON - Intoleransi menjadi isu yang tengah hangat diperbincangkan di Indonesia. Perhatian penuh untuk menanamkan rasa toleransi terhadap sesama sangatlah dibutuhkan pada era ini. Hal itulah yang mendorong Inspiration House, sebuah komunitas yang berbasis di Cirebon untuk menggelar ragam agenda untuk menumbuhkan kesadaran toleransi.

Salahsatunya lewat kegiatan Cilik-Cilik Kenal Gus Dur yang digelar Minggu (14/3). Acara tersebut menyasar anak-anak dari kelas 2 hingga kelas 3 Sekolah Dasar. Pengenalan Gus Dur dilakukan dengan metode yang menyenangkan dan juga memberikan selipan berupa lagu yang dinyanyikan oleh anak-anak.

Menurut Founder Inspiratiom House, Cici Situmorang, acara tersebut digelar karena melihat isu intoleransi yang menguat belakangan ini akibat beberapa kasus diskiriminasi yang terjadi di Indonesia.

\"Banyak PR banget yang terjadi saat ini di Indonesia bagaimana keberagaman dan intoleransi menjadi isu yang mengglobal di Indonesia,\" ujarnya, Minggu (14/1).

Dia juga menjelaskan alasan pemilihan tajuk \"Cilik-Cilik Kenal Gus Dur\" karena Gus Dur adalah tokoh penyemai keberagaman.

\"Kami sudah sering mengadakan kegiatan. Namun, kami memilih Cilik-Cilik Kenal Gus Dur karena Gus Dur merupakan salah satu tokoh bangsa yang mengaggap perbedaan itu merupakan sebuah karunia Tuhan. Selain itu, Gus Dur sangat mengayomi kelompok minoritas,\" sebutnya.

Perlu diketahui, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur merupakan tokoh besar dari Nahdatul Ulama yang pernah menjabat sebagai Presiden ke-4 Republik Indonesia.

Dalam kesempatan kali ini, Tim dari Inspiration House mengenalkan juga beberapa sikap yang patut diteladani dari seorang Gus Dur. \"Ada kesederhanaan, persaudaraan, kesatria, ketauhidan, kemanusiaan, keadilan, pembebasan, kesetaraan, dan kearifan tradisi. Dan nilao-nilai ino yang coba kita tumbuhkan,\" ujar salah satu pengajar Inspiration House.

Bagi Inspiration House sendiri, Gus Dur merupakan salah satu tokoh yang disegani dan dikagumi karena merupakan sosok yang menginspirasi. \"Bagi komunitas kami, Gus Dur merupakan salah satu sosok yang menginspirasi kami untuk terus mengumandangkan kemanusiaan tanpa memandang suku agama dan segalanya.  Bahwa kita satu Indonesia. Gus Dur dengan segala sesuatu yang dialami, Beliau tidak marah dan tidak dendam. Selain itu, Beliau juga terus mengayomi orang-orang kecil. Jadi, Beliau merupakan tokoh inspirasi kami. Seperti lagu yang sudah kami ajarkan kepada anak-anak,\" tutupnya. (jerrel/zetizen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: