Kasus Covid-19 Naik, Jerman Bakal Lockdown Lagi sampai 18 April

Kasus Covid-19 Naik, Jerman Bakal Lockdown Lagi sampai 18 April

BERLIN - Jerman memutuskan lockdown sampai 18 April 2021, karena kasus covid 19 naik lagi sampai dua kali lipat dalam satu bulan terakhir.

Dilansir oleh Bloomberg, Merkel dan 16 perdana menteri negara bagian memutuskan untuk memperpanjang langkah-langkah tersebut, termasuk penutupan sebagian toko-toko yang tidak penting dan penutupan hotel, restoran, pusat kebugaran dan tempat-tempat budaya.

Keputusan ini diungkap oleh sumber anonim yang mengetahui diskusi terkait dengan kebijakan tersebut.

Langkah tersebut, yang dilakukan ketika infeksi mencapai tingkat yang dapat memicu tindakan yang lebih ketat, merupakan pukulan bagi warga Jerman yang lelah akan pandemi.

Hal ini terbukti dari hasil jajak pendapat yang menunjukkan warga Jerman semakin tidak puas dengan penanganan krisis oleh pemerintah.

Merkel dan para pemimpin negara sepakat untuk bertemu lagi pada 12 April untuk membahas langkah selanjutnya, menurut sumber Bloomberg.

Di tengah program vaksinasi di seluruh Eropa, lockdown telah diberlakukan kembali di Italia dan Prancis dalam seminggu terakhir.

Lambatnya imunisasi di Eropa juga memicu perselisihan dengan Inggris terkait kemungkinan larangan ekspor vaksin. Upaya vaksinasi menjadi lebih rumit minggu lalu setelah Jerman dan negara lain untuk sementara menangguhkan penggunaan suntikan AstraZeneca Plc karena masalah pembekuan darah.

Dengan liburan Paskah yang dimulai pada akhir Maret, kanselir Merkel mengusulkan karantina wajib dan tes Covid-19 untuk pelancong yang kembali ke Jerman, sambil mengizinkan kunjungan keluarga di dalam negeri. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: