Keraton Kacirebonan Siap Berpartisipasi dalam Festival Adat Kerajaan Nusantara I di Keraton Sumedang Larang

Keraton Kacirebonan Siap Berpartisipasi dalam Festival Adat Kerajaan Nusantara I di Keraton Sumedang Larang

CIREBON - Jelang pelaksanaan Festival Adat Kerajaan Nusantara I di Keraton Sumedang Larang, Kabupaten Sumedang, Sekertaris Jenderal (Sekjen) DPP Majelis Adat Kesultanan Nusantara (MAKN) DRA Hj Raden Ayu Yani Wage Sulistyowati Keoswodidjoyo melakukan kunjungan ke Keraton Kacirebonan, Sabtu (27/3).

Rombongan DPP MAKN tersebut disambut langsung Sultan Keraton Kacirebonan Pangeran Raja IX Abdul Gani beserta permaisuri di ruang Prabayaksa.

\"Selain bersilaturahmi, kami juga membahas terkait rencana digelarnya Festival Adat Kerajaan Nusantara I di Keraton Sumedang Larang, Kabupaten Sumedang dan program-program MAKN ke depan,\"ujar RA Yani ditemui radarcirebon.com di Keraton Kacirebonan, Sabtu (27/3).

Dijelaskan RA Yani, dalam pelaksanaan Festival Adat Kerajaan Nusantara I akan berlangsung daring dan luring (offline).

\"Jika pada festival Keraton sebelumnya ada arak-arakan, karena masih dalam masa pandemi ditiadakan. Kegiatan pun banyak dilakukan secara online ke seluruh kerajaan dan keraton yang ada di Indonesia,\" jelasnya.

Dalam kunjungannya tersebut, masih kata Dia, DPP MAKN juga menyerahkan kitab suci Alquran untuk Keraton Kacirebonan.

\"Saya diutus oleh MAKN untuk berkeliling ke kerajaan-kerjaan dan keraton anggota MAKN salah satunya Keraton Kacirebonan. Keraton dan kerajaan yang masuk dalam MAKN berjumlah 52 se-Nusantara,\" katanya.

Sementara itu, Sultan Keraton Kacirebonan Pangeran Raja IX Abdul Gani mengatakan, Keraton Kacirebonan siap berpartisipasi dalam event Festival Adat Kerajaan Nusantara I di Sumedang.

\"Kami Keraton Kacirebonan siap menampilkan kesenian-kesenian dan kebudayaan Cirebon pada Festival Adat Kerajaan Nusantara I mendatang baik daring maupun luring. Selain itu juga kami akan memperkenalkan produk UMKM dari Keraton Kacirebonan di pameran FAKN I,\" katanya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: