Didesak Mundur, PM Slovakia Minta Diangkat Jadi Menteri Keuangan

Didesak Mundur, PM Slovakia Minta Diangkat Jadi Menteri Keuangan

PERDANA Menteri Slovakia, Igor Matovic, menyatakan kesediaannya untuk mundur dari jabatannya di tengah ketidaksepakatan yang terjadi dalam koalisi pemerintah tentang pembelian vaksin virus corona buatan Rusia, Sputnik V.

Keputusan tersebut disampaikan Perdana Menteri dilansir dari kantor berita RMOL.ID pada Minggu (29/3), yang menyatakan bahwa dia telah setuju untuk mundur sebagai perdana menteri, syaratnya dia mau bertukar posisi dengan Menteri Keuangan Eduard Heger.

Semua berjalan lancar, mitra koalisi pemerintah menerima persyaratan tersebut dan telah mengumumkan bahwa koalisi mereka akan dilanjutkan.

Ketegangan antara mitra koalisi meletus ketika PM Matovic membuat kesepakatan untuk membeli vaksin Sputnik V tanpa sepengetahuan mitra lain.

Menteri Tenaga Kerja, Pemuda dan Keluarga Milan Krajniak dari Partai ZA LUDI (Untuk Rakyat) mengatakan perdana menteri harus mundur karena telah melakukan kesepakatan dengan Rusia.

Belakangan, Menteri Ekonomi dan Wakil Perdana Menteri Richard Sulik dari Partai SAS (Kebebasan dan Solidaritas) juga mengundurkan diri.

Matovic di sisi lain, membela kesepakatan vaksin itu, dengan mengatakan itu akan mempercepat vaksinasi di negara itu.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: