Kepolisian Imbau Jangan Bawa Tas ke Gereja

Kepolisian Imbau Jangan Bawa Tas ke Gereja

APARAT kepolisian mengimbau agar para jemaat tak membawa tas ke gereja saat Misa Kamis Putih dan Jumat Agung. “Pihak gereja juga sudah menyarankan kepada umatnya yang akan beribadah di tempat untuk tidak membawa tas,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Kamis (1/4).

Dikatakan Yusri, alasan agar jemaat tak membawa tas demi menjaga keamanan dan kenyamanan umat Kristiani selama peribadatan perayaan Paskah. Ditegaskannya, Polda Metro Jaya bersama pengamanan internal gereja akan melakukan pengamanan ekstra ketat.

“Pengamanan akan diterapkan dalam bentuk “body screening”dan pemeriksaan terhadap seluruh barang bawaan jemaat yang akan memasuki lingkungan gereja,” ungkapnya.

Karenanya, pengurus gereja dan Kepolisian mengimbau jemaat untuk tidak membawa tas untuk mempercepat pemeriksaan keamanan.

“Sebaiknya tidak usah membawa tas biar tidak terlalu lambat dalam pemeriksaan,” katanya.

Polda Metro Jaya mengerahkan sebanyak 5.590 personel yang akan disebar di 833 gereja untuk mengamankan jalannya perayaan Trihari Suci Paskah.

Namun ada empat gereja besar yang mendapatkan pengawalan ekstra, yakni Gereja Katedral, Pasar Baru (Jakarta Pusat), Gereja Immanuel, Jalan Medan Merdeka Timur, (Jakarta Pusat), Gereja HKBP Petojo, Grogol, (Jakarta Barat), Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus (Jakarta Barat)

Empat gereja besar tersebut masing-masing dikawal oleh 155 personel polisi dan ditambah oleh personel TNI serta pengamanan internal gereja.(gw/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: