Manfaatkan Long Weekend, Warga Kunjungi Taman Rusa di Gedung Negara Kota Cirebon

Manfaatkan Long Weekend, Warga Kunjungi Taman Rusa di Gedung Negara Kota Cirebon

CIREBON - Libur panjang atau long Weekend dimanfaatkan warga Cirebon mengunjungi taman rusa di Gedung Negara (Bakorwil) Kota Cirebon.

Taman rusa tersebut menjadi tempat kunjungan favorit bagi masyarakat dari dalam maupun luar Kota Cirebon dalam mengisi hari libur bersama keluarga.

Warga yang datang kebanyakan orang tua yang mengajak anak-anaknya untuk melihat rusa. Tidak hanya itu, mereka juga memberikan beberapa makanan agar bisa melihat rusa lebih dekat dan ber-selfie ria.

\"Saya sengaja datang ke taman rusa ini bersama keponakan untuk berwisata di hari libur. Masuk ke taman rusa ini gratis dan bisa berfoto-foto bersama rusa sambil kita berikan makanan,\" ujar Sarrah warga Pegambiran, Kota Cirebon kepada radarcirebon.com, Sabtu (3/4).

Sementara itu Abu Ridwan petugas Pengamanan Dalam (Pamdal) Gedung Negara (Bakorwil) kepada radarcirebon.com menyebutkan, jumlah rusa saat ini sebanyak 26 ekor.

\"Sejak dikirim dari Istana Bogor pada tahun 2012 itu jumlah hanya 9 ekor. Lama kelamaan dan terus berkembang biak kini jumlah rusa di Gedung Negara sudah berjumlah 26 ekor,\" sebutnya.

Menurut Eko, pemeliharaan dan perawatan puluhan ekor rusa tersebut masih ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

\"Ya untuk biaya pemeliharaan rusa-rusa itu dananya langsung dari Pemprov Jabar. Bagi warga yang berkunjung tidak kami pungut biaya, mereka (pengunjung) hanya beli kangkung atau wortel saja untuk beri makan rusa seharga Rp3.000 ke pedagang yang ada di sekitar kandang,\" ujarnya.

Masih di masa pandemi Covid-19, Abu menuturkan, tetap menjalankan protokol kesehatan kepada pengunjung.

\"Protokol kesehatan tetap kami terapkan di sini kepada seluruh pengunjung yang datang. Taman rusa ini merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kota Cirebon,\" pungkasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: