Tiga Menteri Kunjungi Fujian, Indonesia-China Bahas Kerjasama Vaksin Hingga Investasi

Tiga Menteri Kunjungi Fujian, Indonesia-China Bahas Kerjasama Vaksin Hingga Investasi

TIGA menteri Indonesia mengungjungi China akhir pekan ini. Sejumlah hal dibahas terutama kerja sama vasin dan investasi. Ketiga menteri, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi dan Menteri BUMN RI Erick Thohir.

Mengutip Kantor Berita RMOL, kunjung ketiga menteri tersebut berlangsung tanggal 1 hingga 3 april. Membahas sejumlah isu yang menjadi kepentingan bersama, termasuk kerja sama vaksin, peningkatan perdagangan dan investasi serta kekonsuleran.

Kunjungan para Menteri RI tersebut dilaksanakan di kota Wuyishan, Provinsi Fujian. Ini merupakan provinsi yang menjadi salah satu pintu masuk komoditas ekspor Indonesia ke China.

Fujian memiliki potensi kerja sama ekonomi dan bisnis dengan Indonesia. Bukan hanya itu, Menlu Retno juga menggunakan kesempatan tersebut untuk menyampaikan apresiasi atas bantuan pemerintah Chhina dalam isu pemulangan ABK Indonesia.

Selain itu, Retno juga mengharapkan dukungan pemerintah China untuk dapat memfasilitasi kembalinya para pelajar Indonesia ke tempat studi masing-masing di China, mengingat perkuliahan dan sekolah di Tiongkok telah kembali normal sejak akhir 2020 lalu.

Sementara itu, dalam ranah potensi bisnis, China yang merupakan investor asing kedua terbesar di Indonesia memiliki sejumlah potensi perluasan kerja sama bisnis dengan Indonesia.

Dalam hal ini, Menteri BUMN RI juga telah mengoptimalkan kunjungan ke China untuk bertemu dengan perusahaan industri baterai listrik CBL maupun perusahaan pembangun kilang smelter grade alumina (SGA) Chalieco yang telah memiliki investasi di Indonesia dan berminat untuk memperluas investasinya ke kota-kota lain di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Menteri BUMN RI menegaskan dukungan pemerintah bagi kelangsungan investasi perusahaan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: