Indonesia dapat Tambahan 10 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Indonesia dapat Tambahan 10 Juta Dosis Vaksin Covid-19

JAKARTA - Indonesia bakal dapat tambahan 110 juta dosis vaksin Covid-19 produksi Sinovac. Tambahan tersebut bakal tiba pada April ini. \"Jumlah tersebut menambah ketersediaan jenis vaksin Sinovac di Tanah Air yang jumlahnya mencapai 28 juta dosis,\" kata Juru Bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi, Minggu (4/4).

Dijelaskannya, dari stok 28 juta, sebanyak 5 juta dosis sudah didistribusikan ke beberapa provinsi dan kabupaten/kota. Sementara 11 juta dosis akan didistribusikan awal bulan ini.

\"Sisanya masih dalam proses untuk vaksin jadi sebanyak 12 juta dosis. Selain itu, di bulan April kita akan menerima lagi dari Sinovac sebanyak 10 juta dosis,\" terangnya.

Dikatakannya, Kemenkes mengakui kebijakan India mengembargo vaksin, berpengaruh pada pengiriman vaksin AstraZeneca ke Indonesia.

\"Sehingga pengiriman tertunda menjadi Mei 2021,\" katanya.

Meski pengiriman vaksin AstraZeneca mengalami gangguan pada April, namun ia memastikan masih ada waktu mengejar target kekebalan kelompok (herd immunity) melalui vaksinasi terhadap 181,5 juta warga Indonesia.

\"Ini akan selesai sampai akhir Desember 2021. Tentunya masih ada waktu untuk kita mempercepat cakupan vaksinasi sesuai jadwal,\" katanya.

Dia juga mengatakan program vaksinasi Covid-19 akan tetap berlangsung pada bulan Ramadan.(gw/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: