Ponpes Kayuwalang Gelar AADC

Ponpes Kayuwalang Gelar AADC

CIREBON - Dalam rangka menggali potensi santri menjadi seorang dai, Pondok Pesantren (Ponpes) Kayuwalang, 14-19 April 2021 menggelar Akademi Aksi Dai Kece (AADC). Kemarin (19/4), digelar babak final AADC di Ponpes Kayuwalang.

Wakasek Kesiswaan Venty Melinda mengatakan, pelaksaan AADC diikuti puluhan peserta. Ada 49 peserta, terdiri dari kelas VII dan VIII. Sedangkan siswa kelas IX jadi mentor atau pembimbing adik-adik kelasnya. Pelaksanaan AADC, kata Venty, sebenarnya sejak tanggal 14 April 2021. Baru kemarin digelar babak final. “Pesertanya dari santri Ponpes Kayuwalang,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, peserta lomba pidato saat pembukaan, menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. “Ini acara untuk mengisi kegiatan Ramadan,” ungkapnya.

Selain AADC, sebenarnya Ponpes Kayuwalang juga menggelar SIBA (Studi Intensif Bahasa Arab), karantina tahfidz Quran, kultum puasa. Lalu pelajaran tulis, baca, hafal, dan paham Quran. Sehingga mereka lebih percaya diri melalui ajang AADC.

Ketua panitia, Faturohim menjelaskan, kegiatan ini mengisi Ramadan dan meningkatkan intelektual santri dari segi bahasa dan men-tadabbur Alquran. Serta menjadi generasi peradaban di masa yang akan datang. “Semua santri wajib ikut di AADC, “ terangnya.

Sedangkan untuk kegiatan SIBA dan karantina tahfidz, dibuka untuk umum. “Hadiah AADC adalah trofi, bingkisan, serta spesial buka puasa bersama antara mentor dan juara,” terangnya.

Pengasuh Pesantren Kayuwalang, Ust Agus Talik SAg mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menggali potensi santri, khususnya kemampuan Bahasa Inggris dan Arab. Apalagi selama proses lomba mereka dibantu oleh mentor-mentor yang tidak lain adalah kakak kelasnya. “Mudah-mudahan potensi mereka tergali dan tumbuh kepercayaan diri,” harapnya.

Pihaknya bersyukur AADC telah mencapai episode final dengan juara baru. Yakni, juara 1 diraih oleh Ismah, santri kelas VII. Juara 2 diraih Anin, kelas VIII.  Juara 3 diraih Dinda, kelas VIII. Kemudian juara  harapan 1 diraih Annisa, kelas VII. Juara favorit Sahid Wahyudi.

“Terima kasih kepada PNM Kota Cirebon, dewan juri, MC, tim IT dan seluruh komponen yang telah membantu kesuksesan acara ini,” pungkasnya. (abd/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: