Embung Desa Wanakaya Jadi Destinasi Wisata Baru yang Ramah Pengunjung

Embung Desa Wanakaya Jadi Destinasi Wisata Baru yang Ramah Pengunjung

CIREBON - Danau buatan atau Embung di Desa Wanakaya, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon kini menjadi wisata ngabuburit warga Kabupaten Cirebon.

Embung atau tempat penampung air hujan ini memiliki luas kurang lebih 6 hektare dan dikelola oleh Pemdes Wanakaya. Selain bebas biaya retribusi, pemandangan di destinasi wisata baru ini cukup menarik. Banyak spot yang bisa dijadikan untuk swafoto.

Untuk menuju ke lokasi ini pun tidaklah sulit dan sangat mudah dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Santi, warga Kabupaten Cirebon mengaku lokasi tersebut alamnya masih asri khas dengan pemandangan persawahan.

\"Awalnya sih saya hanya bisa melihat keindahan embung wanakaya ini dari media sosial. Karena penasaran, saya bersama suami dan anak datang untuk melihat secara langsung wisata embung wanakaya yang di kelola bumdes wanakaya ini sekalian menunggu magrib (Ngabuburit),\" ujarnya, Rabu (21/4).

Sementara itu, Toto Sunarto selaku Kuwu Desa Wanakaya menuturkan, akan terus mengembangkan wisata tersebut agar menjadi tujuan wisata lokal yang ramah pengunjung.

\"Ini baru rintisan wisata yang dikembangkan bumdes. Dengan segala keterbatasan, tapi Insya Allah ke depan kita fokus untuk mengelolanya lebih baik lagi dengan menggandeng pihak swasta atau Pemkab Cirebon pada dinas terkait,\" tutunya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: