Petugas Kesehatan Diminta Tidak Sungkan Datangi Rumah Lansia untuk Vaksinasi Covid-19

Petugas Kesehatan Diminta Tidak Sungkan Datangi Rumah Lansia untuk Vaksinasi Covid-19

CIREBON - Petugas kesehatan diminta tidak sungkan untuk datang langsung ke rumah para lanjut usia (lansia) dalam melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Pernyataan tersebut diungkapkan Wakil DPRD Kota Cirebon Fitria Pamungkaswati saat ditemui radarcirebon.com, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi tahap pertama bagi warga lansia di RW 06 Kramat Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Kamis (22/4).

\"Mengingat faktor usia, bisa jadi ada lansia yang mengalami keterbatasan dalam beraktivitas. Dalam kondisi demikian, saya minta petugas kesehatan untuk jemput bola. Datangi rumah lansia yang ada keterbatasan dalam beraktivitas,\" ungkapnya yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Cirebon ini.

Dijelaskan Fitria, antusias warga lansia untuk menerima vaksinasi Covid-19 sangat besar.

\"Saya datang ke sini (RW 06) untuk monitoring atau meninjau pelaksanaan program vaksinasi yang ada di masyarakat. Dan Alhamdulillah, saya lihat antusias warga lansianya lumayan besar di RW 06 Kampung Kramat ini. Karena vaksinasi ini diutamakan untuk kaum lansia dulu,\" jelasnya.

Politikus PDI Perjuangan ini berharap, vaksinasi Covid-19 tersebut dapat terus berlangsung untuk masyarakat Kota Cirebon.

\"Harapan saya vaksinasi ini juga dapat terus berlangsung untuk masyarakat-masyarakat Kota Cirebon lainnya, sehingga pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan kita bisa beraktivitas dan rutinitas seperti biasanya,\" ucapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kejaksan dr Eti Dewi Mutiara Subari kepada radarcirebon.com menuturkan, pelaksanaan vaksinasi dilakukan untuk warga RW 06 dan 02.

\"Sasaran vaksinasi untuk RW 02 dan 06 ini kita menargetkan 66 sasaran lansia. Ada beberapa lansia yang tertunda vaksinasinya karena tidak lolos screening. Mereka yang tidak lolos karena memang memiliki penyakit-penyakit komorbid pada lansia,\" tuturnya.

Kepala Puskesmas Kejaksan menjelaskan, jumlah sasaran vaksinasi di Kelurahan Kesenden berjumlah 1.049 lansia.

\"Sedangkan jumlah sasaran vaksinasi lansia se-Kecamatan Kejaksan sebanyak 6.768 lansia. Program vaksinasi lansia di seluruh kelurahan di Kecamatan Kejaksan sudah mulai berjalan Minggu ini. Beberapa kelurahan sudah tuntas seperti Kelurahan Kebonbaru, Sukapura, dan Kejaksan. Sedangkan Kesenden sudah mulai berjalan. Rencananya akhir bulan April 2021 ini semua jadwal vaksinasi untuk lansia sudah selesai,\" jelasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: