Acara Ini yang Jadi Penyebab Corona di India Mengganas Tak Terkendali

Acara Ini yang Jadi Penyebab Corona di India Mengganas Tak Terkendali

INDIA - Kasus infeksi virus corona (covid 19) di India tidak terkendali. Tsunami corona tersebut, diduga disebabkan sebuah acara yang kemudian jadi penyebab kasus melonjak hingga ratusan ribu dalam sehari.

Festival keagamaan Kumbh Mela di utara kota Haridwar dikunjungi oleh 5 juta peziarah Hindu yang datang dari berbagai daerah di India. Sebagian besar yang datang ke acara itu tidak mengenakan masker.

Penyelenggara festival Siddharth Chakrapani mengatakan kepada kantor berita AFP, \"keyakinan kami adalah hal terbesar bagi kami. Karena keyakinan yang kuat, banyak orang datang ke sini untuk berendam di Gangga. Mereka percaya bahwa Maa (ibu) Gangga akan menyelamatkan mereka dari pandemi ini.\"

Pejabat di Haridwar mengatakan bahwa pada hari Senin (12/04) dan Selasa (13/04) saja mereka mendeteksi hampir 2.000 kasus infeksi menjangkiti peserta festival tersebut.

\"Orang-orang tidak mengikuti pedoman COVID. Mereka ceroboh,\" kata Suresh Kumar dari Rumah Sakit LNJP kepada AFP.

Festival Kumbh Mela, yang dianggap sebagai ajang pertemuan umat Hindu terbesar di dunia, dirayakan empat kali dalam kurun waktu 12 tahun.

Tahun ini, festival tersebut berlangsung di kota Haridwar. Acara yang diklasifikasikan sebagai Warisan Budaya Takbenda oleh UNESCO ini biasanya dihadiri jutaan orang sebelum masa pandemi.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: