Lansia Antusias Ikut Vaksinasi, Kelurahan Sunyaragi Sosialisasi hingga ke Warung Kopi

Lansia Antusias Ikut Vaksinasi, Kelurahan Sunyaragi Sosialisasi hingga ke Warung Kopi

CIREBON – Vaksinasi untuk masyarakat yang lanjut usia (lansia), dilakukan secara berkesinambungan. Termasuk pula di Kelurahan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. Antusias warga lansia Kelurahan Sunyaragi mencapai target vaksinasi sesuai harapan.

Camat Kesambi Drs Buntoro Tirto AP MH mengatakan, batasan lansia minimal berusia 60 tahun. Lansia mandiri aktif dalam berkegiatan di luar rumah khususnya, menjadi prioritas vaksinasi. Saat ini, seluruh lansia di Kecamatan Kesambi telah terdata vaksinasi.

“Karena vaksin terbatas, ada skala prioritas,” ucapnya saat meninjau vaksinasi di Kelurahan Sunyaragi, Senin (26/4). Dari data, ada 9.963 lansia di Kecamatan Kesambi yang secara bertahap akan divaksinasi.

Lurah Sunyaragi, H Rustim SSos menjelaskan, ada 1.634 lansia yang terdata di Kelurahan Sunyaragi. Pada tahap awal, target vaksinasi lansia Kelurahan Sunyaragi telah tercapai. Meskipun demikian, Kelurahan Sunyaragi masih membuka vaksinasi pada Selasa dan Rabu (27-28/4) mulai pukul 08.30 sampai selesai. Syaratnya, telah terdata mendapatkan undangan atau membawa KTP Kelurahan Sunyaragi setelah berkoordinasi dengan RW setempat.

Sejauh ini, lanjut Rustim, antusias warga lansia Kelurahan Sunyaragi untuk vaksinasi, cukup tinggi. Sehingga, capaian target vaksinasi telah mencapai sesuai harapan. Rustim mengimbau kepada masyarakat Kelurahan Sunyaragi khususnya, yang memiliki orang tua atau lansia, agar segera mendaftarkan vaksinasi melalui RW masing-masing. 

Antusias vaksinasi yang tinggi itu, bukan tanpa kendala. “Masih ada hoax tentang vaksinasi. Disebut tidak ada manfaatnya, mengancam nyawa,” terangnya. Untuk menghalau hoax tersebut, pihaknya bekerja sama dengan kader, RT, RW, dan seluruh pegawai Kelurahan Sunyaragi, terlibat sosialisasi aktif hingga ke warung kopi dan pos ronda. Walaupun sudah vaksinasi, Rustim berpesan agar warga Kelurahan Sunyaragi tetap menjaga prokes. (ysf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: