Gelar HKB, KPBD Kota Cirebon Tabuh Kentongan Secara Serentak

Gelar HKB, KPBD Kota Cirebon Tabuh Kentongan Secara Serentak

CIREBON - Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tingkat Kota Cirebon yang jatuh pada tanggal 26 April diperingati secara sederhana oleh Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon. KPBD menggelar Apel HKB, Senin (26/4).

Yang unik dari apel HKB kemarin adalah, pemukulan kentongan secara serentak se-Indonesia, tepat pada pukul 10.00. Kentongaannya dipukul oleh 10 orang petugas dari KPBD, yang dipimpin langsung oleh Kepala KPBD yang juga Kepala Pelaksana KPBD Kota Cirebon, Khaerul Bahtiar ST.

Khaerul menyebut, HKB tahun 2021 bertemakan “Siap untuk Selamat”, dapat diartikan luas, bahwa KPBD harus siap siaga dengan risiko kebencanaan. Pada HKB ini, kata Khaerul, pihaknya menyosialisasikan kepada masyarakat agar tanggap bencana. Makanya, termasuk pukul 10.00 menabuh kentongan secara nasional, dan itu isyarat yang berkaitan kebencanaan. “Menabuh kentongan itu isyarat kebencanaan. Kebencanaan setiap saat bisa saja terjadi,” ujarnya.

KPBD, masih kata Khaerul, juga melakukan simulasi di rumah keluarga tangguh bencana. Sedangkan kegiatan yang lain, pencanangan lima kelurahan tangguh bencana. Diharapkan, dari kegiatan tersebut, selalu siap siaga menghadapi kebencanaan secara mandiri.

Lima kelurahan itu adalah Kelurahan Argasunya, Pekiringan, Sukapura, Kalijaga, serta Kasepuhan. Dipilihnya kelima kelurahan itu karena sering mengalami banjir dan genangan air. Kelurahan Argasunya sering mengalami tanah bergerak.

Acara ini juga dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Dilanjutkan Salat Tarawih dan kegiatan donor darah yang diikuti 53 calon pendonor, dimulai pukul 20.00 dari unsur KPBD dan Baguna yang ikut berpartisipasi kebencanaan. (abd/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: