Tiba di Indonesia, Vaksin Astra Zeneca Diperoleh Gratis

Tiba di Indonesia, Vaksin Astra Zeneca Diperoleh Gratis

VAKSIN COVID-19 buatan AstraZeneca sebanyak 3.852.000 dosis telah tiba di Indonesia. Ini adalah pengiriman gelombang kedua melalui fasilitas kerja sama vaksin multilateral COVAX. Sebelumnya, pada 3 Maret 2021 lalu sebesar 1,1 juta dosis.

Vaksin AstraZeneca yang diterima total sebanyak 4.965.600 dosis tersebut dan semuanya diperoleh secara gratis. Jika jumlah tersebut digabungkan dengan semua vaksin yang telah tiba di Indonesia, baik yang didapatkan melalui jalur multilateral maupun bilateral, total vaksin yang telah tiba di Indonesia sebanyak 67.465.600 dosis.

“Di tengah upaya pemerintah Indonesia untuk memastikan pemenuhan kebutuhan vaksin di dalam negeri, pemerintah terus memperjuangkan kesetaraan akses vaksin bagi semua negara. Yakni melalui peran aktif dalam pembahasan isu vaksin dunia. Terutama sebagai salah satu ketua COVAX AMC Engagement Group. Kita prihatin menyaksikan terjadinya gelombang baru di banyak negara di dunia, serta ditemukannya varian-varian baru,” ujar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (26/4).

Menurutnya, saat ini kebutuhan vaksin global meningkat pesat. Namun ada pula perlambatan pengiriman vaksin ke seluruh penjuru dunia. Pemerintah Indonesia, lanjutnya, terus bekerja keras untuk mengamankan ketersediaan vaksin yang cukup bagi rakyat Indonesia.

“Day and night kita terus berupaya agar program vaksinasi nasional dapat terus berjalan. Kami terus melakukan diplomasi agar kebutuhan vaksin dalam negeri terpenuhi,” pungkas Retno. (rh/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: