Cegah Kandungan Bahan Berbahaya pada Makanan, DPPKP Kota Cirebon Sidak Pangan

Cegah Kandungan Bahan Berbahaya pada Makanan, DPPKP Kota Cirebon Sidak Pangan

CIREBON - Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon melakukan sidak pangan. Hal itu untuk mencegah adanya kandungan bahan berbahaya pada makanan seperti formalin.

Petugas DPPKP mendatangi Pasar Kanoman dan salah satu mini market di Jl Kesambi, Kamis (6/5). Mereka melakukan tes terhadap bahan pangan, seperti daging sapi, daging ayam, sayuran, ikan, cumi, serta buah-buahan.

Petugas melakukan tes di lokasi yang hasilnya bisa diketahui dalam hitungan menit.

“Yang kami tes itu apakah ada kandungan berbahaya seperti formalin dalam daging dan ikan atau apakah ada kandungan pestisida dalam sayuran dan buah. Sebetulnya sidak ini rutin kami lakukan tiap bulan, tapi jelang Lebaran kami lakukan lebih intensif lagi. Kami lakukan tes terhadap bahan pangan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat sehingga aman, sehat dan halal,” ujar Kepala DPPKP Kota Cirebon, Yati Rohayati.

Diungkapkan Yati, tes terhadap bahan pangan ini sangat penting untuk mengetahui kandungan di dalamnya.

“Kadang ada temuan sewaktu-waktu saat kita lakukan tes. Biasanya pestisida yang ditemukan dalam sayuran, namun itu jarang. Makanya kita lakukan ini agar masyarakat mengonsumsi bahan pangan yang aman,” ungkapnya.

Selama sidak tersebut, menurut Yati, DPPKP tidak menemukan adanya kandungan bahan berbahaya pada makanan.

“Yang tadi kita tes itu semuanya negatif, pH juga aman,” pungkasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: