Ibadah Haji 2021 Digelar Tanpa Jemaah dari Luar Negeri?

Ibadah Haji 2021 Digelar Tanpa Jemaah dari Luar Negeri?

PEMERINTAH Arab Saudi kabarnya tengah mempertimbangkan, akan menggelar ibadah haji tahun 2021 tanpa jemaah dari luar negeri seperti diterapkan pada tahun lalu demi mencegah penyebaran Covid-19. Tahun lalu, Saudi menggelar haji dengan jemaah dari dalam negeri, melakukan tak sampai 10.000 orang. Angka ini jauh di bawah kondisi normal yang bisa diikuti 2,5 juta jemaah.

Dua sumber mengatakan kepada Reuters, Kamis (6/5/2021), pihak yang benar-benar memiliki rencana untuk membuka haji bagi jemaah dari luar negeri namun kemungkinan masuk kembali sehingga membolehkan jemaah dari dalam negeri, baik warga Saudi maupun ekspatriat, untuk melaksanakannya.

Itu pun, mereka harus memenuhi syarat utama yakni sudah menjalani vaksin Covid-19 atau sudah sembuh dari Covid-19 setidaknya 6 bulan sebelum pelaksanaan haji. Seorang sumber kata, usia jemaah juga akan membangun.

Sumber lainnya menambahkan, rencana awal untuk menggairahkan jemaah haji dari luar negeri yang divaksin Covid-19 masih termasuk. Keraguan terletak pada jenis vaksin yang digunakan, kemanjuran, dan kekuatannya melawan varian baru.

Kendati demikian, kedua sumber tersebut memastikan belum ada keputusan akhir yang diambil sampai saat ini. Diskusi mengenai pelaksanaan ibadah haji 1442 Hijriah masih berlangsung melibatkan banyak pihak berkepentingan.

Arab Saudi akan membuka penerbangan internasional mulai 17 Mei, namun larangan masuk bagi warga dari 20 negara tetap diberlakukan yakni Argentina, Uni Emirat Arab, Jerman, Amerika Serikat, Indonesia, Irlandia, Italia, Pakistan, Brasil, Portugal, Inggris, Turki, Afrika Selatan , Swedia, Swiss, Prancis, Lebanon, Mesir, India, dan Jepang. (der / fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: