Tarling dan Darling ke 12 Musala

Tarling dan Darling ke 12 Musala

CIREBON- Selama Bulan Suci Ramadan, Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama dan Ikatan Remaja Masjid Desa Playangan berkolaborasi mengadakan beragam kegiatan. Kegiatan yang diadakan berupa Tarawih Keliling alias Tarling, Tadarusan Keliling alias Darling, dan juga Kajian Kitab.

Menurut Ketua IRMA sekaligus IPNU Desa Playangan, Ahmad Amrin, kegiatan tarling dan darling sendiri diadakan di 12 musala dan 2 Masjid yang ada di Desa Playangan, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon. Kegiatan tersebut mulai masif diadakan sejak 11 Ramadan. Namun sebelumnya diadakan setiap dua hari sekali sejak 2 Ramadan.

Kegiatan tarling sudah berlangsung dalam 3 tahun belakangan. Namun, untuk darling baru diadakan perdana di Ramadan tahun ini. Pada mulanya, IRMA dan IPNU ingin mengadakan kegiatan yang positif. Kemudian, disambut baik dan mulai dilaksanakan kegaitan tarling dan darlingnya. Kemudian, masyarakat banyak yang meminta untuk diadakan kegiatan yang sama di musala atau masjidnya.

“Masyakarat juga mulai meminta untuk mengisi kultum atau tadarusan yang diadakan berbagai masjid atau musala, “ imbuhnya.

Alasan diadakan kegiatan ini juga karena, kegiatan di masjid lebih banyak ketimbang musala. Sehingga, masyarakat yang beribadah di Musholla jarang mendapatkan kegiatan keagamaan.

Ahmad Amrin menambahkan ada kegiatan mengaji kitab yang diisi oleh dua ustad senior. Seperti, Ustad H Sultoni dan Ustad Jamaluddin dari Pengajar Pesantren Gedongan. Kemudian ada Ustad Abdul Majid yang merupakan anggota DKM dan pengajar di Pesantren Al- Muflihin.

Ustad H Sulton sendiri akan mengkaji kitab Ahlu Sunnah Wal Jamaah yang berisikan tentang aktivitas amaliyah NU.

Kegiatan ini diadakan hanya di satu masjid, yakni masjid Baiturahim, Desa Playangan, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon. Total sedikitnya ada 30 orang  IPNU dan IRMA yang menyebarkan ke masyarakat. Dengan begitu, diharapkan IPNU dan IRMA bisa terus memberikan dampak kepada generasi penerus yang lainnya.

“Harapan ke depannya agar anggota bisa terus memberikan dampak kepada generasi penerus yang lainnya,” tutupnya. (jerrel/zetizen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: