Ada Penyekatan, DKOKP Sebut Tempat Wisata di Kota Cirebon Tetap Buka

Ada Penyekatan, DKOKP Sebut Tempat Wisata di Kota Cirebon Tetap Buka

DI tengah kebijakan dilarang mudik, pada Idul Fitri nanti sejumlah tempat wisata akan tetap beroperasi. Pengunjung boleh datang dengan memperhatikan protokol covid-19.

Itu artinya, tempat wisata hanya boleh dikunjungi warga lokal. Kabupaten dan Kota Cirebon punya destinasi favorit masing-masing. Kondisi geografis Kabupaten Cirebon lebih menonjolkan kondisi alam.

Sebut saja Batu Lawang di Desa Cupang dan Banyu Panas Gempol. Keduanya ada di Kecamatan Gempol. Juga ada destinas religi makam Sunan Gunung Jati.

Sementara di Kota Cirebon wisata keraton. Ada Keraton Kanoman, Kacirebonan dan Kasepuhan. Juga ada Keraton Kaprabonan di Kelurahan/Kecamatan Lemahwungkuk.

Bagi yang ingin bermain air bisa berkunjung ke Cirebon Waterland Ade Irma Suryani di sekitar Kawasan Pelabuhan Cirebon. Yang tak kalah ikonik adalah Wisata Goa Sunyaragi. Lokasinya juga strategis. Persis di sisi jalur pantai utara.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon Wandi Sofyan menyebut, penyekatan yang dilakukan personel polisi cukup memberikan pengaruh.

Terutama terhadap jumlah kunjungan wisata di Kota Cirebon. Lalu lintas dan destinasi favorit jadi lengang. \"Alun-alun Kejaksan yang biasa ramai, sekarang longgar,\" kata Wandi kepada Radar Cirebon.

Berdasarkan laporan manajemen hotel kepada DKOKP, kata Wandi, tingkat okupansi juga ikut menurun. Booking hotel juga tak begitu terlihat lonjakan. \"Hotel sepi, karena tidak banyak yang masuk Kota Cirebon,\" lanjut Wandi.

Tak ada ketentuan khusus untuk masuk lokasi wisata di Kota Cirebon. Sama seperti aturan sebelum ada pelarangan mudik. Hanya boleh 50 persen dari kapasitas. Juga wajib mengikuti aturan protokol kesehatan.

Pengunjung wisata tak perlu membawa/memperlihatkan surat bebas Covid-19. Artinya, kalau ada warga luar Kota Cirebon yang berhasil lolos penyekatan di jalan, tak dilakukan pemeriksaan ulang di lokasi wisata. (ade)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: