AS dan Ceko Masuk Daftar Negara Tak Bersahabat Dengan Rusia

AS dan Ceko Masuk Daftar Negara Tak Bersahabat Dengan Rusia

RUSIA secara resmi menetapkan Amerika Serikat dan Republik Ceko sebagai negara yang tidak bersahabat. Keputusan diambil di tengah krisis yang terjadi antara Moskow dan Washington sejak beberapa tahun terakhir. Dalam dekrit yang dikeluarkan Rusia dan ditandatangani Perdana Menteri Mikhail Mishustin, AS serta Republik Ceko masuk daftar negara tidak bersahabat yang kerap bertindak tidak ramah terhadap negara Beruang Merah tersebut.

\"Kedutaan Ceko akan diizinkan untuk mempekerjakan tidak lebih dari 19 warga negara Rusia dan kedutaan AS tidak ada sama sekali,\" ujar Mishustin, dikutip RMOLpolitik, Sabtu (15/5).

Sementara Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menyatakan, Moskow tetap siap untuk berdialog, meski menekankan fakta bahwa Rusia hanya memiliki dua negara dalam daftar negara yang tidak bersahabat.

Dalam beberapa bulan terakhir, ketegangan meningkat antara Rusia dan Barat karena sejumlah masalah, termasuk peningkatan pasukan Rusia di perbatasan Ukraina, campur tangan dalam pemilihan AS dan aktivitas bermusuhan lainnya.

Hubungan Rusia-AS memburuk dengan cepat setelah Joe Biden meningkatkan tekanan pada Kremlin sejak menjabat presiden AS pada Januari 2021.

Washington pada April lalu mengumumkan sanksi dan pengusiran 10 diplomat Rusia sebagai pembalasan atas perilaku yang dianggap sebagai campur tangan Kremlin dalam pemilu AS, serangan dunia maya besar-besaran, dan aktivitas bermusuhan lainnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: