Digelar Terbatas, Keraton Kanoman Halalbihalal

Digelar Terbatas, Keraton Kanoman Halalbihalal

CIREBON - Keraton Kanoman melaksanakan halalbihalal Idul Fitri 1442 H, Selasa, 18 Mei 2021. Kegiatan ini dilaksanakan terbatas di Jinem.

Patih Keraton Kanoman, Muhammad Qodiran mengungkapan, halalbihalal adalah tradisi yang dilakukan setiap tahun. Dan untuk tahun ini kembali dilaksanakan secara terbatas, karena situasi pandemi covid-19.

\"Sultan Emirudin memerintahkan untuk menyelenggarakan halalbihalal ini, karena ingin meminta maaf kepada masyarakat, terkait kekurangan dan kesalahan sebagai manusia. Makanya kita melaksanakan ini,\" ujar patih, kepada radarcirebon.com.

Disampaikan Patih Qodiran, kegiatan ini dilaksanakan secara perwakilan, dan dibatasi. Namun secara esensi, yang terpenting adalah tradisi tidak hilang.

\"Yang hadir mewakili famili, abdi dalem, magersari, perwakilan instansi pemerintah,\" tuturnya.

Dia mengungkapkan, halalbihalal jangan sampai putus. Ini tradisi dan adab yang perlu dipertahankan. Apalagi, silaturahmi adalah hal yang baik. \"Ini bisa mempertahankan keguyuban dan ukhuwah islamiyah,\" tuturnya.

Keraton Kanoman juga akan melaksanakan Grebeg Syawal pada 20 Mei 2021 nanti di Astana Gunung Sembung, Gunung Jati, Kabupaten Cirebon.

Di Gregeb Syawal akan dilaksanakan tawasul kepada para leluhur. Kegiatan ini juga akan dibatasi dan diikuti oleh para famili. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: