PPM Kota Cirebon Gelar Halal Bihalal

PPM Kota Cirebon Gelar Halal Bihalal

CIREBON - Usai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, halalbihalal menjadi sebuah budaya saling memaafkan. Kegiatan halalbihalal digelar oleh Pemuda Panca Marga (PPM) Kota Cirebon di Hotel Santika Cirebon, Kamis (20/5).

Ketua PPM Kota Cirebon, Deden Karena Kusnan menuturkan, sebagai organisasi kepemudaan Kota Cirebon, pihaknya ingin membangun kebersamaan dengan organisasi lain. Salah satunya dilakukan melalui kegiatan halalbihalal. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan 31 organisasi yang ada di Cirebon.

\"Kegiatan ini digelar guna menjaga kebersamaa, silaturahmi, persatuan, dan menjaga kekompakan sesama organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) di Kota Cirebon,\" ungkapnya.

Digelar bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, hal ini sekaligus menjadi momentum untuk merayakan bersama. Sebagai anak muda, pihaknya turut mengingatkan kembali fungsi anak muda sebagai penerus. Di mana, pada semua lini kehidupan, mereka harus memunculkan kualitasnya serta memiliki kemandirian. Sehingga slogan pada konsep hari-hari besar tidak hanya menjadi sebuah teori, tapi jadi ajang pembuktian dan panggung untuk anak muda dengan melakukan hal di masyarakat, pemerintah, atau di manapun mereka berada.

PPM sendiri sudah seharusnya memiliki jiwa korsa yang dulu sangat kental dalam sebuah perjuangan. \"Saat ini sudah seharusnya anak-anak pejuang mengisi kemerdekaan dengan memberi contoh dan mengajak dalam peran pembangunan saat ini,\" tututrnya.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu pemuda, Khotibul Umam MUd MA mendeklarasikan diri untuk maju menjadi calon ketua KNPI Kota Cirebon. Deden mendukung penuh langkah Khotibul Umam maju mencalonkan diri jadi ketua KNPI Kota Cirebon.

\"Ini dalam rangka mengemban amanah, dan sebagai peluang berbuat lebih besar. KNPI itu organisasi besar. Kami menginginkan fungsi dan keberadaannya lebih dari yang sekarang,\" ujarnya.

Sementara itu, Khotibul Umam mengungkapkan, dengan mengusung visi Berbuat, Umam mengaku termotivasi ingin mewujudkan KNPI sebagai organisasi yang betul-betul berdampak positif bagi Kota Cirebon dari sisi gerakan kepemudaan. Faktor pemuda untuk memajukkan sebuah kota, memiliki faktor dominan.

\"Pemuda punya kekuatan kreativitas. Dengan kreativitas itu, pemuda bisa melakukan apa saja untuk berinovasi,\" jelasnya.

Pada era revolusi industri 4.0, peran pemuda dalam membangun daerah bisa diwujudkan dalam banyak cara. Karena itu, peran KNPI sebagai wadah pemuda, menurutnya, harus dimaksimalkan. Gerakan kepemudaan di Kota Cirebon, kata dia, saat ini masih cenderung terkotak-kotak sesuai dengan latar belakang keorganisasiannya. Padahal, dengan banyaknya OKP di Kota Cirebon, justru bisa dijadikan kekuatan. Karena itu, Umam bertekad membangun sinergi seluruh OKP melalui wadah bersama yakni KNPI.

\"Saya ingin kepemudaan di Kota Cirebon bisa tumbuh kreativitas. Sehingga terbangun sebuah inovasi dalam membangun kegiatan, termasuk berekspresi,\" pungkasnya. (apr/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: