Tim Peduli Situs dan Cagar Budaya Dalami Naskah Sejarah Tumenggung Aria Wiracula

Tim Peduli Situs dan Cagar Budaya Dalami Naskah Sejarah Tumenggung Aria Wiracula

CIREBON - Makam Tumenggung Aria Wiracula yang berada di Jalan Sukalila Utara Kelurahan Kejaksan, Kota Cirebon, masih tetap terawat dan terjaga.

Tumenggung Aria Wiracula atau mempunyai nama asli Tan Sam Tjai Khong merupakan salah satu sosok penting dalam sejarah perkembangan Kota Cirebon.

Makam Aria Wiracula tepat berada di sebelah kanan makam istrinya yang bernama Lao Lip Ay. Pemakaman ini juga dikenal dengan sebuatan makam Siang Kong atau makam suami istri.

Sementara, dua makam para pengawal nampak terletak di sisi kanan dan belakang makam Tumenggung Aria Wiracula. Terdapat juga sebuah makam yang diduga sebagai kuburan kuda peliharaan Tumenggung Aria Wiracula.

Dua makam pembantu berada di bagian belakang makam utama. Dua makam inilah yang bentuknya seperti makam umat Islam di Indonesia.

Sejumlah tim peduli situs dan cagar budaya yang melakukan peninjauan ke makam tersebut rencananya akan mendalami dan menelusuri lebih lanjut mengenai naskah sejarah agar bisa diketahui identitas makam lainnya.

\"Makam ini sudah masuk benda cagar budaya sesuai dengan SK Wali Kota Cirebon Nomor 19 tahun 2001. Tapi selama ini kurang ada perhatian dari pihak Pemkot Cirebon dalam hal pelestarian makam ini. Untuk membersihkan kompleks makam ini menggunakan dana sumbangan dari peziarah yang berkunjung,\" ujar Syahroni selaku juru kunci makam Tumenggung Aria Wiracula ditemui radarcirebon.com, Sabtu (22/5).

Sementara itu, Mulawarman Kartawijaya salah satu sesepuh dari Keraton Kasepuhan Cirebon menuturkan, Tumenggung Aria Wiracula merupakan saudagar dari Pekalongan.

\"Beliau ini ikut berperan dalam pembangunan Goa Sunyaragi. Dalam hal ini Tumenggung Aria Wiracula adalah seorang arsitek,\" tuturnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: