Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Tetap Bersemangat di Tengah Pandemi Covid-19

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Tetap Bersemangat di Tengah Pandemi Covid-19

CIREBON - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional digaungkan secara nasional, Kamis, (20/5). Dengan tema besar “Bangkit! Kita Bangsa Yang Tangguh!”, hampir seluruh kegiatan dilakukan secara sederhana.

Semua upacara difokuskan secara virtual dengan mengikuti kegiatan dari Istana Negara. Terkhususnya di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Cirebon maupun masing-masing sekolah yang peringatannya tanpa upacara.

Menurut Kasie GTK Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Toto Haryanto, kebangkitan nasional memiliki arti tersendiri. Karena merupakan tonggak sejarah para pemuda dan masyarakat Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan dalam momen kebangkitan nasional dibutuhkan persatuan dan kesatuan yang tinggi. Sehingga, Ketika Gerakan Nasional dirasakan belum berhasil, maka dibentuklah Budi Oetomo.

“20 Mei itu sangat penting, karena merupakan tonggak sejarah kebangkitan dari para pemuda dan masyarakat Indonesia,” ujar Toto.

Adapun Dinas Pendidikan Kota Cirebon memaknainya dengan menjaga semangat kebangkitan nasional itu tetap digelorakan. Salah satunya adalah menyampaikan pesan melalui tayangan PJJ yang digelar oleh Radar Cirebon TV. Sehingga, para guru bisa memberikan pesan berupa untuk semangat selama masa pandemi, bisa berkolaborasi dengan teman, dan bersatu dengan teman-teman.

Toto juga menambahkan bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional bukanlah hanya sebatas gerakan. Namun di dalamnya terdapat pesan untuk membuat para siswa siswi terus bersemangat apalagi dalam melakukan kegiatan di masa pandemi Covid-19.

Selain itu, peringatan ini diharapkan juga menjadi kebangkitan untuk melakukan adaptasi kebiasaan baru (AKB). Dikarenakan pandemi Covid-19 belum selesai hingga sekarang.

“Kebangkitan ini juga diharapkan merupakan kebangkitan untuk AKB. Karena semuanya serba tidak pasti. Jadi kita harus memaksimalkan AKB dan diharapkan Indonesia bisa bangkit,” tambah Toto.

Dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini juga hanya dilakukan upacara secara virtual yang diikuti oleh jajaran Dinas Pendidikan Kota Cirebon di dalam Balaikota. Tampak hadir juga Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati, Sekda Kota Cirebon Agus Nukyadi berserta jajaran Forkopimda. (jerrel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: