Awas! 5 Aplikasi Android Ini Bisa Bocorkan Data Pengguna

Awas! 5 Aplikasi Android Ini Bisa Bocorkan Data Pengguna

JAKARTA - Ada sejumlah aplikasi Android populer yang bisa membocorkan data pribadi pengguna. Hal ini diungkapkan tim keamanan siber Check Point Research. 

Laporan tersebut menyoroti beberapa kelemahan keamanan yang memengaruhi 23 aplikasi berbeda yang tersedia di Google Play Store.

Dilaporkan JPNN.com dari Lifehacker, Senin (24/5), tim siber itu juga menyebut, masing-masing aplikasi itu sudah diunduh sebanyak 50 ribu hingga 10 juta kali.

Sebagian besar aplikasi tersebut dilaporkan telah mengumpulkan dan menyimpan informasi pengguna, data pengembang, sumber daya internal perusahaan menggunakan database hingga layanan penyimpanan cloud tidak aman untuk aplikasinya.

Tim keamanan tersebut juga menemukan database cloud tidak aman dari 13 aplikasi. Dia menyebut pihak ketiga yang tidak dikenal itu bisa mengakses cloud tersebut.

Dia juga menemukan satu atau lebih dari kekurangan ini di 23 aplikasi tersebut. Dan 13 di antaranya memiliki database real-time yang dapat diakses secara terbuka.

1. Astro Guru

Aplikasi horoskop sudah diunduh lebih dari 10 juta. Aplikasi itu menyimpan nama lengkap setiap pengguna, tanggal lahir, jenis kelamin, lokasi GPS, alamat email, dan informasi pembayaran.

Baca juga:

Tolak Bayar Parkir, Driver Taksi Online Ditusuk

Survei Puspoll, Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Ini Kelemahannya

Klarifikasi Pria Marah-marah di Pom Bensin Sende: Belum Masuk Waktu Jumatan, Mogok di Pasar Minggu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: