Siswa SMAK Penabur Torehkan Prestasi, Wakili Indonesia Ajang IBO 2 di Portugal

Siswa SMAK Penabur Torehkan Prestasi, Wakili Indonesia Ajang IBO 2 di Portugal

CIREBON - Siswa SMA Kristen Penabur Cirebon kembali menoreh prestasi.

Kali ini Leonard Hartanto Jososudarmo, siswa kelas XII IPA 1 SMA Kristen Penabur Cirebon mewakili Indonesia dalam Internasional Biology Olimpiad (IBO) 2 di Portugal.

Kepada radarcirebon.com, Leonard mengatakan, dirinya mengikuti seleksi dari awal melalui Kompetisi Sains Nasional (KSN) Kota, KSN Propinsi, KSN Nasional dan Pelatnas IBO. Akhirnya berhasil terpilih untuk mewakili Indonesia.

\"Sejak kelas X saya mengikuti KSN kota, kemudian mengikuti KSN propinsi tetapi belum berhasil mewakili Jawa Barat di KSN Nasional. Ketika saya naik kelas XI akhirnya mendapat panggilan untuk mengikuti seleksi KSN Propinsi kembali dan berhasil terpilih mewakili Jawa Barat di tingkat Nasional. Saya dapat medali emas di ajang KSN Nasional. Berbekal medali emas saya maju ke KSN Nasional,\" katanya.

Dijelaskan Leonardo, seleksi-seleksi diadakan dalam pelatnas dengan tes-tes sekaligus diberi pembimbingan. Untuk tahap 1 berlangsung selama 2 minggu penuh setiap hari ada sesi dan tutorial.

\"Lalu dari tes-tes tahap 1 akhirnya terseleksi untuk tahap 2 total 15 orang. Untuk tahap 2 ini mulainya dari Januari, dan selalu diberi tugas-tugas mingguan yang wajib dikumpulkan sampai Maret 2021,\" jelasnya.

Memasuki April hingga Mei, lanjut Leonardo, dengan total 3 minggu dilakukan pelatihan intensif (pelatnas tahap 2), tes-tes untuk seleksinya.

\"Dari hasil pelatnas 1 dan 2 digabungin, saya terpilih dan 3 orang siswa lainnya untuk mewakili Indonesia di IBO yang berlangsung di Portugal, tapi karena Pandemi Covid-19 dilakukan secara daring tanggal 19 Juli 2021,\" imbuhnya.

Leonardo mengaku senang bisa mewakili Indonesia dalam Internasional Biology Olimpiad (IBO) 2 di Portugal.

\"Jujur saya kaget nggak nyangka, senang, bersyukur dan semangat karena ini pengalaman baru. Langkah dan perjalanan baru untuk saya ditempuh dengan sebaik-baiknya, apalagi membawa nama negara,\" ucapnya.

Sementara itu, Gunawan, Kepala SMAK Penabur menuturkan, pihak sekolah sangat mengapresiasi kerja keras dan semangat Leon.

\"Walaupun semua dilakukan secara online, tetapi tidak sedikit pun memudarkan semangatnya untuk terus berprestasi, terima kasih kepada orang tua yang terus menerus memberikan support dan juga seluruh guru yang tidak henti-hentinya memberi semangat, sehingga keberhasilan pun bisa diraih. Selamat kepada Leon, tetap semangat dan sukses untuk kompetisi di tingakt internasional IBO,\" pungkasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: