Masyarakat Sumedang Dukung Pembangunan Menara Kujang Sapasang

Masyarakat Sumedang Dukung Pembangunan Menara Kujang Sapasang

SUMEDANG - Rencana pembangunan menara Kujang Sapasang di destinasi wisata Panenjoan, Kecamatam Jatigede, Sumedang, menuai pro dan kontra dari berbagai kalangan di Jawa Barat.

Ada kritik cukup tajam dari beberapa anggota DPRD Jawa Barat yang mempertanyakan rencana pembangunan menara tersebut. Reaksi keras datang dari berbagai komponen masyarakat Sumedang yang sebaliknya sangat mendukung.

\"Sumedang sudah memberikan persembahan terbaik bagi Jawa Barat. Manfaat Jatigede, baik penggunaan air baku maupun energi tenaga listrik, untuk warga Jawa Barat. Biarlah kami mendapatkan manfaat dari pariwisata melalui pembangunan menara Kujang Sapasang. Jangan ganggu kami !,\" tegas Tatang Sobana, Ketua Dewan Kebudayaan Sumedang (DKS) di Sumedang, Minggu (30/5).

Lebih jauh Tatang menyampaikan bahwa Kujang adalah simbol luhur budaya Sunda. Sementara Sumedang adalah puser budaya Sunda. Karenanya dia dan jajaran DKS sangat mendukung rencana pembangunan menara Kujang Sapasang. 

Sebelumnya Ketua Kadin Sumedang, Thomas Darmawan, memberikan tanggapan yang tajam terhadap kritik anggota DPRD Jawa Barat. \"Saya heran dengan anggota DPRD yang mempermasalahkan pembangunan ini. Padahal ini adalah program yang diajukan sejak tahun 2000 dan tentu sudah dibahas di dewan. Kenapa baru dipermasalahkan sekarang? Jangan cari panggung di Sumedang,\" ungkap Thomas.

Dukungan pembangunan menara Kujang Sapasang juga mengalir dari berbagai tokoh masyarakat Jatigede dan orang yang terkena dampak (OTD). 

\"Warga terdampak Jatigede sudah banyak berkorban untuk kepentingan Jawa Barat. Saatnya OTD diperhatikan. Salah satu sektor yang diharapkan dapat mendongkrak perekonomian OTD adalah pariwisata. Untuk itu kami warga OTD sangat mendukung rencana Pak Gubernur untuk membangun menara Kujang Sapasang,\" kata Sridiyanto Wijaya, salah seorang OTD yang juga Ketua Forum Jatinunggal.

Dukungan lainnya datang dari Kepala Desa Jemah, Kecamatan Jatigede, Turyana. \"Atas nama masyarakat Desa Jemah, saya sangat mendukung rencana Pak Bupati dan Pak Gubernur untuk membangun Menara Kujang Sapasang. Menara ini nantinya akan menjadi ikon daya tarik pariwisata,\" ucapnya.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (ASITA) DPC Sumedang, Iyan Sofyan Hady, menyambut baik dan memberikan apresiasi atas prakarsa pembangunan landmark unik wisata dimaksud.

\"Sumedang membutuhkan destinasi wisata yang berbeda. Menara Kujang Sapasang ini sangat unik dan menarik. Pengunjung datang untuk happy, selfie, kuliner, belanja dan bawa oleh-oleh,\" tukas Iyan. (rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: