Cara Murah dan Mudah Cegah Stroke saat Pandemi

Cara Murah dan Mudah Cegah Stroke saat Pandemi

STROKE merupakan penyakit dimana terjadinya gangguan fungsional pada otak yang berupa kelumpuhan saraf (deficit neurologic) yang disebabkan akibat terhambatnya aliran darah menuju otak.

Dikutip dari Jawapos Susilawati & Nurhayati (2018), stroke adalah kondisi yang sangat gawat dan perlu untuk ditangani dengan cepat. Karena jika tidak ditangain dengan cepat otak akan mati, dan jika penanganannya dilakukan dengan cepat dapat meminimalkan tingkat kerusakan pada otak.

Ketika mengalami stroke seseorang akan dapat mengalami cacat pada penderita, yang tentu saja akan menghambat produktifitas seseorang dalam melakukan kegiatan. Maka dari itu sebelum stroke ini terjadi, lakukanlah pencegahan terhadap penyakit yang sangat berbahaya ini yang bahkan dapat menyebabkan kematian.

Faktor resiko yang menyebabkan terjadinya stroke adalah faktor makanan, stress, dan terutama gaya hidup. Kala pandemi Covid-19, sebagian orang memiliki banyak beban tugas tinggi. Bagi pekerja kantoran, waktu sehari-harinya adalah duduk di depan laptop atau yang lainnya.

Kondisi ini kerap memicu munculnya stres dan berbagai penyakit karena kurangnya gerak dan mungkin saja juga kurangnya olahraga karena mereka sudah lelah ketika melakukan pekerjaanya sehari-hari.

Dari penyebab faktor resiko tersebut dapat dilakukan berbagai pencegahan yang bermacam-macam antara lain adalah dengan cara sebagai berikut.

1.       Menjaga Pola Makan

Maksud dari menjaga pola makan disini adalah seperti tidak menjaga makananan apa yang dikonsumsi.

Jika seseorang terlalu banyak makan makanan yang asin hal tersebut menjadi penyebab dan meningkatkan resiko terkena penyakit hipertensi, yang mana hipertensi memicu terjadinya stroke.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi sehari-hari adalah makanan yang mengandung lemak tak jenuh, lalu kaya akan vitamin, serat, protein dan nutrisi lainnya yang baik pada tubuh.

2.       Berhenti atau Mengurangi Rokok

Efek buruk dari merokok adalah dapat mempersempit pembuluh darah dan darah dapat menggumpal

3.       Menghindari Konsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol mengandung banyak sekali kalori yang dapat menyebabkan terjadinya hipertensi dan diabetes, yang mana penyakit tersebut dapat memicu terjadinya stroke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: