Anda Diabetes dan Pandangan Buram, Waspada Berpotensi Kebutaan

Anda Diabetes dan Pandangan Buram, Waspada Berpotensi Kebutaan

JAKARTA – Saat memasuki usia tua, maka hampir dipastikan fungsi organ tubuh manusia akan mengalami degradasi.

Dan pada usia yang tidak lagi muda, salah satu yang terdampak adalah kesehatan mata. Ditandai dengan pandangan yang memburam, sensitif terhadap cahaya terang dan lainnya. 

Namun pada mereka yang masih terbilang muda, gangguan pada mata dapat menandakan keberadaan kondisi kesehatan tertentu, salah satunya diabetes.

Dinamakan Diabetic Retinopathy (DR), kondisi ini cukup umum ditemukan pada penderita penyakit gula, dan merupakan salah satu penyebab kebutaan pada diabetesi. 

Pada mata mereka dengan kondisi ini, mengalami akan masalah dengan sensitifitas terhadap cahaya yang ditangkal mata. Penyebabnya adalah kerusakan pada pembuluh darah pada retina mata. 

Risiko dari DR sendiri, menurut CDC, dapat dikurangi dengan manajemen kesehatan baik. Dengan mengontrol gula selain juga tensi darah dan lainnya. 

Pada kebanyakan kasus, atau sekitar 50 persen pasien retinopathy, kondisi ini sudah terlambat untuk mendapatkan penanganan.

Periksakan mata Anda sesegera mungkin, jika Anda menderita diabetes, dan kini mulai bermasalah dengan indera pengelihatan.(ruf/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: