181 Peserta Jalani Seleksi Komponen Cadangan Korem 063 Sunan Gunung Jati Cirebon

181 Peserta Jalani Seleksi Komponen Cadangan Korem 063 Sunan Gunung Jati Cirebon

CIREBON - Sebanyak 181 peserta mengikuti seleksi calon anggota Komponen Cadangan (Komcad). Seleksi digelar di Markas Komando Resor Militer (Makorem) 063/ Sunan Gunung Jati dan Kolam Renang Catherine  Surya, Bima, Kota Cirebon, Rabu (2/6).

Kepala Staf Korem 063/Sunan Gunung Jati Letkol Inf Heri Rustanto mengungkapkan, Komponen Cadangan merupakan salah satu wadah dan bentuk keikutsertaan warga negara dalam usaha pertahanan negara.

Sesuai dengan Pasal 30 ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan negara, maka anggota Komponen Cadangan (Komcad) adalah wajib bagi warga negara yang telah memenuhi persyaratan.

Pembinaan Komcad dilakukan oleh Kementerian Pertahanan berbeda dengan Cadangan TNI/Bala Cadangan. Pembinaan Cadangan TNI/Bala Cadangan dilakukan oleh Panglima TNI.

Letkol Inf Heri Rustanto menerangkan, sebelum peserta calon Komcad dari Kodim-Kodim Jajaran Korem 063/Sunan Gunung Jati mengikuti seleksi di Kodam III/Siliwangi, terlebih dahulu menjalani seleksi kembali di Korem 063/Sunan Gunung Jati.

\"Setelah dinyatakan layak, maka calon peserta berhak mengikuti tes selanjutnya di Rindam III/Siliwangi pada minggu ke II bulan Juni 2021,\" terangnya.

Dalam kesempatan itu pula, Kepala Staf Korem 063/Sunan Gunung Jati mengimbau panitia seleksi calon anggota Komponen Cadangan (komcad), untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dimasa Pandemi.

\"Perlu diketahui bahwa pendaftaran calon anggota Komponen Cadangan (Komcad) ini gratis tidak dipungut Biaya. Untuk hari ini yang mengikuti test berjumlah 181 orang dari tiga wilayah yaitu Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang dan Kabupaten Purwakarta,\" pungkasnya. (rdh)

Baca juga:

Terinspirasi Raffi Ahmad, Atta Halilintar Beli Klub Sepak Bola?

Padahal Baru 6 Seri, Rossi Berani Sebut Pembalap Ini Calon Juara MotoGP

Keren Banget, Film Dian Sastro dan Reza Rahadian ini Diproduksi Pakai Smartphone

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: