Posisi Tidur, Lebih Baik Mana Tidur Hadap Kanan atau Kiri?

Posisi Tidur, Lebih Baik Mana Tidur Hadap Kanan atau Kiri?

BICARA posisi tidur, orang  pastinya tidak banyak berpikir panjang soal efeknya terhadap tubuh.  Ada yang tidur menghadap ke atas, namun tidak sedikit pula mereka yang tidur menghadap ke samping  Namun tahukah Anda jika tidur menghadap ke sebelah kiri tubuh, punya efek tersendiri terhadap organ penting manusia, dalam hal ini jantung?

Ya, menurut sebuah studi, tidur menghadap sebelah dapat menyebabkan perubahan posisi pada jantung. Efeknya, adalah perubahan aktifitas pada elektrikal jantung.

Kendati demikian, para ahli sendiri belum dapat memastikan secara pasti, apakah efek elektrikal ini nantinya akan berdampak buruk atau tidak.

Meski begitu, mereka dengan masalah jantung, sangat dianjurkan untuk menghindari tidur  menghadap posisi yang dimaksud. 

Tekanan yang terjadi pada jantung saat orang tertidur menghadap ke sebalah kiri ini, kali pertama dilaporkan pada studi tahun 1997, dengan menggunakan teknologi ECG atau electrocardiogram. 

Kendati menunjukan aktifitas yang tak biasa, para peneliti berpendapat bahwa tidur menghadap sebelah kiri, tidak akan meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung di kemudian hari.

Sementara itu pada mereka yang tidur menghadap sebelah kanan, tidak ditemukan perubahan elektrikal jantung yang di sebut di atas. Demikian seperti dilansir Healthline.(len/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: