Kuncinya Ada di Tangan Kadinkes

Kuncinya Ada di Tangan Kadinkes

KONDISI mencemaskan terjadi di beberapa rumah sakit yang ada di Kota Cirebon. Hingga hari ini (kemarin) jumlah keterisian rumah sakit mencapai lebih dari 80 persen.

Penyebabnya diserbu dari berbagai wilayah, seperti Kabupaten Cirebon, Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kuningan. Bahkan ada beberapa daerah di luar wilayah III Cirebon yang masuk menjadi pasien di Kota Cirebon.

\"Kota Cirebon itu diserbu berbagai wilayah. Semua dioper ke kita. Utamanya Wilayah III Cirebon. Jadi kita sudah siapkan seperti RS Medimas dan RS Budi Asta. Itu bisa dimanfaatkan jika ada ledakan kasus Covid-19,” ujar Kepala Dinkes Kota Cirebon dr H Edy Sugiarto MKes saat ditemui wartawan.

Hingga saat ini, daerah sekitar sebagai penyangga Kota Cirebon tidak memiliki ruangan isolasi hotel. Misal saja Kabupaten Cirebon yang menutup The Radiant hanya dalam kurun waktu satu bulan.

Tentunya hal ini menjadi perhatian khusus pasalnya semua akan dilimpahkan ke Kota Cirebon.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs Agus Mulyadi MSi mengungkapkan, Pemerintah Kota Cirebon sedang berusaha menambah jumlah ketersediaan kamar.

Namun, hal tersebut tidak semudah yang direncanakan. Misalnya di RS Ciremai, ketersediaan kamar sudah mencapai 50% dari total kamar yang tersedia seluruhnya. Sehingga, tidak bisa menambah kamar isolasi untuk Covid-19.

Sekda juga sudah meminta Dinas Kesehatan Kota Cirebon untuk melakukan koordinasi terkait rumah sakit yang belum melakukan penyediaan ruang isolasi untuk Covid-19.

“Jangka pendek kita, meminta rumah sakit yang belum punya ruangan isolasi untuk menyediakan. Mohon bisa dikoordinasikan,” pinta sekda yang akrab disapa Gus Mul itu.

Kalau pun tidak bisa menyediakan ruang isolasi, sekda berharap untuk bisa menyediakan tenaga kesehatannya atau SDM untuk bisa bergabung ke RSD Gunung Jati yang saat ini akan melakukan penambahan ruang isolasi.

“Nanti ada BKO tenaga kesehatan. Itu yang bisa kita lakukan,” kata sekda.

Saat ini sekda sudah memberikan arahan kepada kadinkes. Tinggal menunggu untuk pelaksanaan pembukaan rumah sakit yang belum menjadi RS Covid-19.

Sehingga, semuanya kuncinya ada di tangan Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon. (jer)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: