Sudah Puluhan Orang Jalani Isolasi, Waiting List Masuk Hotel Ono’s

Sudah Puluhan Orang Jalani Isolasi, Waiting List Masuk Hotel Ono’s

KAMAR isolasi pasien Covid-19 di Hotel Ono’s, Kota Cirebon, penuh. Per Jumat lalu (18/6), ada 47 pasien yang masih isolasi di hotel yang berlokasi di Jl Siliwangi itu. Dari kapasitas 60 bed yang tersedia. Sementara ada 13 orang yang masih waiting list atau masuk daftar tunggu.

\"Ada 47 pasien. Dan 13 orang waiting list atau menunggu untuk datang. Jadi bisa dikatakan penuh,\" ujar dokter yang bertugas di hotel setempat, dr Noermaula Nissa Agustina kepada Radar Cirebon.

Nissa menambahkan, mayoritas pasien isoman berasal dari Kota Cirebon. Karena domisili Kota Cirebon menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi untuk bisa isolasi di hotel tersebut. Dilihatnya tentu berdasarkan alamat pada KTP.

Pun ada yang KTP luar kota, misal Kabupaten Cirebon, tapi tinggal dan bekerja di Kota Cirebon, kata Nissa, harus disertai surat keterangan domisili. Baik dari kelurahan setempat atau instansi tempat bekerja. \"Kalau tidak ada (surat keterangan domisili, red) tidak bisa masuk,” ungkapnya.

Nissa mengatakan, per Kamis (17/6) kemarin metode tes Covid-19 di Ono’s Hotel menggunakan GeNose. Tak lagi swab test PCR. Berlaku hingga seterusnya. Tiap pasien akan dilakukan tes korona menggunakan GeNose sekali dalam tujuh hari. Dan Kamis saat awal tes GeNose itu, ada 7 pasien yang dinyatakan negatif berdasarkan tes metode tiup tersebut. Mereka diperbolehkan untuk pulang. Tak perlu lagi swab test PCR. Ditanya alasan kenapa metode tes Covid-19 berganti, Nissa tak mengetahui pasti.

Bagi pasien yang punya komorbid seperti hipertensi atau diabetes, tiap hari dilakukan pemeriksaan rutin. Seperti cek tekanan darah dan lain-lain. Itu dilakukan di halaman hotel setempat. Letaknya persis di depan kamar mereka. Semua alat pendukung tersedia. Juga ada satu mobil ambulance yang selalu siaga.

Jika ada pasien yang mengalami gejala menuju kronis akan dirujuk ke rumah sakit. Menggunakan ambulance tersebut. Pun jika ada pasien baru yang akan isolasi di Ono’s Hotel, biasanya puskesmas dekat tempat tinggal pasien akan lebih dulu berkoordinasi dengan petugas jaga di hotel tersebut. (ade)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: