Adu Kecantikan Ikan Cupang di Betta Lawu Cup 1 Cirebon

Adu Kecantikan Ikan Cupang di Betta Lawu Cup 1 Cirebon

CIREBON - Ikan cupang kini termasuk ikan hias yang memiliki nilai ekonomis, ikan berpostur kecil ini memiliki keunikan tersendiri bagi para penggemarnya.

Dengan protokol kesehatan yang ketat, komunitas penggemar ikan cupang Betta Lawu Kota Cirebon menggelar kontes ikan cupang bertajuk “Betta Lawu Cup 1 Cirebon 2021”.

Peserta kontes ikan cupang ini berasal dari berbagai daerah se-Cirebon Raya dan berlangsung di Bappemas RW 06 Sri Asih, Jl Gunung Lawu, Kelurahan Larangan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Minggu (20/6).

Dalam kontes ini, ada lebih dari 500 ekor ikan yang ikut kontes. Ikan ini dibawa dari berbagai daerah di wilayah Cirebon Raya, seperti Kota/Kabupaten Cirebon, Kuningan, Majalengka dan Indramayu.

Taufik Faturohman, panita kontes Betta Lawu Cup 1 kepada radarcirebon.com mengatakan, kegiatan kontes ini merupakan kali pertama digelar di Kota Cirebon.

\"Kontes ini merupakan sarana para penghobi ikan cupang untuk menunjukan eksistensi mereka sekaligus memajukan dan mengembangkan potensi ikan cupang di Cirebon Raya dan bertujuan mempererat tali silaturahmi,\" katanya.

Dijelaskan Taufik, juri melakukan penilaian keaslian genetik ikan serta originalitas warnanya. \"Di kontes ini ikan juga tidak boleh ada rekayasa warna agar lebih menarik dan cantik. Namun, di kontes ini lebih ditonjolkan model ikan asli dari alam,\" jelasnya.

Selama lomba, lanjut Taufik, pihaknya menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

\"Dalam kontes ini tidak ada lelang. Selama penjurian, seluruh peserta diarahkan untuk di luar ruangan  guna menghindari terjadinya kerumunan orang, demi mencegah COVID-19,\" pungkasnya.

Sementara itu, Baim salah satu peserta asal Kabupaten Majalengka kepada radarcirebon.com mengaku sering mengikuti kontes-kontes ikan cupang.

\"Kalau lomba sih udah sering ikut di kota lain. Ikutan kontes ini sebagai ajang saling tukar informasi dan berbagi pengalaman antar sesama peserta lomba,\" ujarnya. (rdh)

Baca juga:

Batu Lingga di Gumulung Lebak, Tapal Batas Kerajaan Pajajaran, Japura dan Majalama

Kota Cirebon Masih Jauh dari Herd Immunity, Baru 15 Persen yang Sudah Divaksin Covid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: