Ini Kecanggihan Kamera Sensor Lampu Merah Kota Cirebon, Hitung Kendaraan dan Lampu Hijau Otomatis

Ini Kecanggihan Kamera Sensor Lampu Merah Kota Cirebon, Hitung Kendaraan dan Lampu Hijau Otomatis

KESAMBI – Begini kecanggihan kamera sensor di lampu merah Kota Cirebon. Uji coba sudah dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Cirebon bekerjasama dengan Huawei Indonesia.

Uji coba dan pengembangan kamera sensor penghitung lalu lintas itu dilaksanakan di perempatan lampu merah Bypass-Pemuda, Selasa (22/6) kemarin.

Kamera sensor ini nantinya bisa menghitung jumlah intensitas kendaraan di persimpangan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Gunawan ATD DEA mengungkapkan, pelaksanaan uji coba dengan Huawei Indonesia ini merupakan pengembangan rencana tahun 2022 di Kota Cirebon.

Khususnya dalam mengatur lampu merah yang ada di persimpangan dan juga menghitung intensitas kendaraan yang melewati persimpangan tersebut.

“Kita ada rencana pemasangan tahun 2022 kalau anggarannya ada. Kemarin kita juga sudah mengusulkan. Untuk kamera sensor ini baru kita coba. Kamera ini juga kita nilai lebih bagus karena dapat menghitung jumlah kendaraan roda dua dan empat,” ujar Gunawan.

Menurut Gunawan, tidak semua kamera bisa menghitung kendaraan roda dua, terutama yang berasal dari teknologi luar negeri. Namun, kamera Huawei ini dapat mengatasi masalah tersebut.

“Dulu yang jadi hambatan sekarang bisa kita jadikan kelebihan. Karena kebanyakan negara berkembang 40% roda dua. Sehingga dibutuhkan yang seperti ini,” tambah Gunawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: