Virus Covid-19 Makin Banyak, DPR: Nakes Harus Diberikan Vaksin Ke-3

Virus Covid-19 Makin Banyak, DPR: Nakes Harus Diberikan Vaksin Ke-3

WAKIL Ketua Komisi lX DPR RI Melki Laka Lena meminta pemerintah untuk memberikan vaksin Covid-19 dosis ketiga para dokter dan tenaga kesehatan di Tanah Air. Hal ini dikatakan Melki lantaran angka penularan Covid-19 yang sudah semakin mengkhawatirkan.

“Melihat perkembangan dan dampak penularan virus saat ini, sudah saatnya para nakes (tenaga kesehatan-Red) diberikan booster ketiga vaksin sehingga melindungi mereka dari dampak varian baru yang lebih ganas dan mengkhawatirkan,” ujar Melki kepada wartawan, Jumat (2/7).

Legislator Partai Golkar ini juga mengusulkan perlunya tenaga cadangan bagi para tenaga kesehatan tersebut. Tenaga cadangan tersebut diambil dari berbagai organisasi profesi dan lembaga pendidikan di bawah Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pemerintah daerah dan pihak swasta.

“Harus dikoordinir dengan baik oleh Kemenkes melalui PPSDM (pusat pengembangan sumber daya manusia-Red) juga Dinkes Provinsi dan Dinkes kota kabupaten sehingga beban kerja bisa dibagi secara proporsional,” katanya.

Namun demikian, yang juga tidak kalah pentingnya menurut Melki adalah insentif kepada tenaga kesehatan. Sebab mereka telah mengorbankan seluruh tenaganya untuk membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19 di dalam negeri.

“Pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta semua pihak terkait perlu memastikan proses pendataan validasi dan pencairan insensif nakes sederhana mudah cepat dan dalam waktu yang ditentukan pasti waktu pencairannya,” ungkapnya.

Selain itu semakin banyaknya varian baru Covid-19, Melki meminta pemerintah untuk memberikan kontribusinnya memberikan alat pelindung diri (APD) yang berkualitas kepada para tenaga kesehatan di Indonesia.

“Mendesak kepada pemerintah dan semua pihak untuk melindungi tenaga kesehatan dengan APD yang berkualitas tinggi saat berjuang di lapangan,” pungkasnya.(jp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: