Tukar Guling Hibah, Polres Cirebon Kota Nantinya Pindah ke Pusdiklatpri

Tukar Guling Hibah, Polres Cirebon Kota Nantinya Pindah ke Pusdiklatpri

CIREBON – Ada titik terang dari saling hibah antara Pemerintah Kota Cirebon dan kepolisian untuk Gedung Pusdiklatpri dan gedung bekas Polres Ciko. Pertemuan bahkan sudah dilakukan.

Gedung Pusdiklatpri di Jalan Cipto Mangunkusumo, saat ini memang sudah menjadi aset Pemerintah Kota Cirebon. Namun masih ditempati Universitas Nahdlatul Ulama (UNU).

Pekan kemarin, kabarnya, Pemerintah Kota Cirebon menggelar rapat bersama Polres Ciko dan UNU Cirebon yang menempati gedung Pusdiklatpri.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi mengakui, pemkot bersama Polres Ciko dan UNU Cirebon telah melaksanakan pertemuan itu.

Menurut Gus Mul, sapaan Agus Mulyadi, sudah ada pertemuan saling hibah. Masing-masing sudah menyepakati proses saling hibah tersebut.

Pihak UNU Cirebon diberi waktu sampai April 2022, sambil UNU beres merehabilitasi kampus 2 di Jl Sisingamangaraja.

Sambil berproses, Polres Ciko bisa melakukan aktivitas sambil nunggu perjanjian hibah.

“Prinsipnya, ada kesepakatan tertulis antara Pak Walikota dan Pak Kapolres. Ini kita awali hibah BMD (Barang Milik Daerah) dengan BMN (Barang Milik Negara),” kata Gus Mul.

“Tanda tangan hibah belum, dan masih proses. Rencananya diagenda bulan Agustus 2021. Kondisinya mendesak, kita mesti melalui Kementerian Keuganan RI dulu,” bebernya.

Proses ini, menurut Gus Mul, karena kepolisian mesti melaluinya secara bertahap, termasuk ada permohonan ke APBN.

Tapi yang jadi pegangan itu legalitas hibah. Pusdiklatpri nantinya dihibahkan ke Polres Ciko, dan eks gedung Polres Ciko dihibahkan ke Pemkot Cirebon.

Sementara Unit Transfusi Darah (UTD) PMI yang saat ini menempati Pusdiklatpri, rencananya bulan Juli sudah siap pindah ke gedung baru, di Jl Sudarsono.

Sebab, proses pembangunannya sudah hampir jadi. Nanti bersamaan dengan markas PMI Kota Cirebon yang ada di Jl KS Tubun. (abd)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: