Bila Kasus Covid-19 Harian Tembus 40 Ribu, RI akan Minta Bantuan China dan Singapura

Bila Kasus Covid-19 Harian Tembus 40 Ribu, RI akan Minta Bantuan China dan Singapura

JAKARTA - Kasus harian covid 19 di Indonesia masih terus menanjak. Kemarin terjadi penambahan juga rekor baru yang mencapai 31.189.

Namun, bila jumlah kasus terus melonjak hingga batas 40 atau 70 ribu per hari, sudah disiapkan skenario Pemerintah RI akan meminta bantuan negara lain seperti Singapura maupun China.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan upaya tersebut bagian dari skenario pemerintah menghadapi lonjakan 40 ribu hingga 70 ribu kasus per hari.

\"Kita juga sudah komunikasi dengan Singapura, kita komunikasi juga dengan Tiongkok, dan komunikasi juga dengan sumber-sumber lain. Jadi, sebenarnya semua secara komprehensif sudah kita lakukan,\" kata Luhut dalam jumpa pers daring, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Pemerintah Indonesia juga bekerja sama dengan tiga instansi asal Amerika Serikat, yaitu Facebook, Google, dan NASA. Kerja sama itu dilakukan terkait pengumpulan data pergerakan masyarakat untuk pemantauan PPKM Darurat.

\"Kalau kasus ini lebih daripada 40-50 ribu kita tentu akan membuat skenario siapa yang kita akan mintai tolong. Sudah mulai kita approach ini semua,\" ujarnya.

Di saat yang sama, kata Luhut, pemerintah mengoptimalkan kekuatan di dalam negeri. TNI dam Polri dilibatkan, mulai dari pengawasan di masyarakat hingga pembangunan rumah sakit darurat.

\"Semua kekuatan saya kira kita kerahkan. Jangan ada yang menganggap underestimate Indonesia ini tidak bisa mengatasi masalah,\" ucap Luhut. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: