KWT Adelia Bagikan Sayuran kepada yang Isoman

KWT Adelia Bagikan Sayuran kepada yang Isoman

CIREBON- Di tengah gelombang pandemi Covid-19 yang kian meningkat, bermunculan aksi solidaritas dari masyarakat. Salah satunya yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Adelia.

KWT yang berada di RW 13, Taman Kalijaga Permai, Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti tersebut membagikan sayuran hasil panen mereka kepada warga yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Ketua KWT Adelia, Faridah mengatakan, kegiatan KWT Adelia Berbagi bertujuan untuk membantu pemerintah menekan angka penyebaran Covid-19 dengan membagikan sayuran segar hasil panen kepada masyarakat sekitar yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah. \"Dengan kegiatan ini, kami berharap bisa membantu masyarakat untuk meningkatkan imun tubuh. Sehingga bisa kembali sehat dan pulih,\" ungkapnya.

Menurut Faridah, KWT Adelia sendiri merupakan salah satu penerima kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang diusung oleh Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Cirebon (DPPKP) Kota Cirebon. Kegiatan ini, selain bertujuan untuk ketahanan pangan tingkat keluarga, juga sebagai upaya untuk mewujudkan visi walikota dan wakil walikota Cirebon Sehati (Sehat Hijau Agamis Tentram Inovatif).

Kepala DPPKP Kota Cirebon melalui Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Hj Elmi Masruroh SP MSi mengatakan, di masa pandemi Covid-19, keberadaan dan peran serta KWT di tengah-tengah masyarakat sangat diharapkan. Terlebih, angka kasus positif Covid-19 di kota Cirebon akhir-akhir ini juga sedang tinggi.

Elmi melanjutkan, kegiatan P2L menjadi solusi ketahanan pangan tingkat keluarga di Kota Cirebon. Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan keluarga serta masyarakat melalui produktivitas budidaya tanaman sayuran yang berorientasi pasar. Kegiatan tersebut bersumber dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Tahun Anggaran 2021. Elmi mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh KWT Adelia. Pihaknya juga berharap, kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan. Serta, dapat memotivasi seluruh KWT lain yang menjadi binaan dari DPPKP. \"Mudah-mudahan, kegiatan ini bisa diikuti oleh KWT lainnya,\" pungkasnya. (awr/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: